FWP DPRD Padang Tularkan Ilmu Jurnalistik ke Pelajar Pagi Ini

Rabu, 21 Desember 2016, 09:38 WIB | News | Kota Padang
FWP DPRD Padang Tularkan Ilmu Jurnalistik ke Pelajar Pagi Ini
Dua orang Panitia Pelaksana Pekan Kreatifitas FWP DPRD Padang, Bambang dan Hanny Tanjung, bersitungkin menyiapkan kebutuhan untuk pelatihan jurnalistik yang digelar Rabu (21/12/2016) pagi ini di D'have Hotel, Siteba, Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sedikitnya, 35 orang pelajar setingkat SMA di Kota Padang, dibekali ilmu tentang jurnalistik pada Pekan Kreatifitas yang digelar Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Padang, Rabu dan Kamis (21-22/12/2016) di D'have Hotel, Siteba, Padang.

"Kegiatan ini mengambil tema, Menulis Selancar Berbicara. Selama dua hari kegiatan, peserta dibekali ilmu tentang jurnalistik praktis," ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Debi Virnando, beberapa saat lalu.

Dijelaskan Debi, peserta terdiri dari 30 orang pelajar utusan SMA/sederajat di Kota Padang. Juga ada lima perwakilan asosiasi pers mahasiswa (Aspem) Sumbar. Menurut Debi, generasi muda sekarang ini sangat dekat dengan aktivitas di media sosial. Banyak informasi yang disampaikan mereka melalui media sosial tersebut.

"Namun, informasi yang disapaikan itu kerap tak memenuhi kaedah jurnalistik sehingga membuat kegaduhan. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta bisa menyampaikan informasi secara bijak sesuai dengan standar jurnalistik di akun media sosial miliknya. Sehingga, mereka tidak terjerat pidana sebagaimana diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE," ungkap Debi.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

FWP adalah sebuah organisasi wartawan yang rutin liputan di DPRD Padang. Terdiri dari media cetak baik harian atau mingguan, televisi, radio dan media siber (portal berita). Kegiatan Pekan kreatifitas dengan agenda Pelatihan Jurnalistik 2016 ini, merupakan salah satu program kerja FWP DPRD Padang yang dipimpin Dasrul. Sedangkan pelatihan ini, dibuka Wawako Padang, Emzalmi.

Materi yang disampaikan nanti, tentang jurnalistik disertai diskusi. Selain itu, peserta juga akan dibawa praktek lapangan. "Saat praktek lapangan mereka itu nanti, akan disuguhkan game-game ringan agar nantinya para peserta tidak bosan dalam mengikuti kegiatan," ungkap Debi sembari menyebut, peserta nantinya akan mendapat sertifikat usai pelatihan. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: