Festival Kelok 9 Dipadati Ribuan Pelajar

Selasa, 13 Desember 2016, 08:46 WIB | Sport | Kab. Lima Puluh Kota
Festival Kelok 9 Dipadati Ribuan Pelajar
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan door prize pada pelajar yang mengikuti Festival Kelok 9 tahun 2016 di Kelok 9 lama, Minggu (11/12/2016) pagi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ribuan pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh serta Provinsi Riau, memadati jalan dari Rest Area Nagari Persiapan Ulu Aia hingga Kelok 9, Minggu (11/12/2016). Para peserta jalan santai itu dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi yang ikut berjalan kaki sejauh lebih kurang 5 kilometer tersebut.

Irfendi optimistis, ivent Festival Kelok 9 (the color run) itu akan menjadikan Kelok 9 lebih dikenal dan diminati wisatawan. Tak kalah pentingnya, acara itu juga dapat menjauhkan generasi muda dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Agar lebih dikenal lagi, di lokasi jalan peninggalan zaman penjajahan Belanda itu juga diadakan berbagai ivent pariwisata, seni, budaya dan olah raga," ungkap Irfendi dalam arahannya pada acara puncak Festival Kelok 9 tahun 2016 di Kelok 9 lama, Minggu pagi.

Dia berharap, Festival Kelok 9 (the color run) ini jadi salah satu agenda tahunan atau tiga bulanan. Dengan begitu, jalan yang memiliki nilai historis tersebut akan semakin ramai dikunjungi orang. Menurut Irfendi, festival itu merupakan salah satu upaya mempromosikan Kelok 9 lama. Agar semakin dipadati wisatawan, jalan negara yang berada di lereng tebing bukit batu itu kapan perlu dijadikan sebagai lokasi car free day setiap minggunya

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Lokasi Kelok 9 ini diyakini akan diminati karena pengunjungnya. Tak hanya bisa berolah raga, namun juga dapat menikmati keindahan alam serta menghirup udara pegunungan," papar Irfendi.

Dikesempatan itu, Irfendi juga membagikan door prize bagi peserta jalan santai dan memberikan hadiah uang kepada sejumlah murid SD dan pelajar SMP peserta jalan santai yang hapal Pancasila dan mau membacanya dengan keras di atas panggung

Sebelumnya, Ketua Panitia Acara, Iskarmon Basir dalam laporannya mengaku bahagia bercampur haru, karena acara perdana yang digelarnya bersama masyarakat tersebut dihadiri langsung Irfendi Arib dengan Wakil Bupati Ferizal Ridwan serta Waka Polres Limapuluh Kota dan para kepala SKPD.

"Kami berharap, Pemkab Limapuluh Kota mendukung acara ini agar bisa menjadi kalender tahunan atau setiap tiga bulan sekali," papar Iskarmon.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Dikatakan, festival itu sengaja digelar untuk mengampanyekan dan memberdayakan sekaligus meningkatkan kebersihan Kelok 9 yang lama. Selain itu juga untuk mengajak generasi muda melakukan aktifitas yang bermanfaat agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba,.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: