Ihsan Nuzula, Putera Limapuluh Kota jadi Qori Terbaik MTQ XXVI

Senin, 08 Agustus 2016, 10:30 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Ihsan Nuzula, Putera Limapuluh Kota jadi Qori Terbaik MTQ XXVI
Qari terbaik Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI, Ihsan Nuzula berfoto bersama Kabag Kesra Setkab Limapuluh Kota Karespi beserta rombongan di pemondokan kafilah Sumatera Barat di Kota Mataram, Jumat (5/8/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ihsan Nuzula (26) asal Kabupaten Limapuluh Kota, sukses merebut predikat qari terbaik dewasa pria, dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI/2016 di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain Ihsan, putera Limapuluh Kota lainnya Ade Setiawan (34), juga berhasil menggaet khaththath terbaik bagi Provinsi Sumatera Barat.

Prestasi membanggakan itu diumumkan menjelang acara penutupan ajang sekali dua tahun tersebut oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Sabtu (6/8/2016) malam. Untuk juara dua dan tiga cabang Tilawah al Quran golongan dewasa ini masing-masingnya disabet H Awaludin asal Provinsi Kepulauan Riau dan Fathulloh asal Provinsi Banten.

Sedangkan qariah terbaik dewasa putri diraih Khoirunnisah (Nusa Tenggara Timur), Marhamah Kepulauan Riau dan Cucu Marliah (Banten). Sementara Khaththath terbaik dua dan tiga masing-masingnya di rebut Muhammad Jakfar asal Provinsi DKI Jakarta dan Zainuddin Rais asal Provinsi Banten.

Kepala Bagian Kesra Setkab Limapuluh Kota, Karespi mengaku bangga, dua putera Limapuluh Kota itu mampu mempersembahkan yang terbaik bagi Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Pelaku UMKM dan Ekraf Agam Meriahkan MTQ Nasional XLI, Ini Kata Bupati

"Kita sangat bangga dan merasa sangat senang putera daerah kita mampu menjadi yang terbaik dalam MTQ Nasional XXVI ini," ujar Karespi ketika mengunjungi pemondokan kafilah Sumatera Barat di Kota Mataram, Jumat (5/8/2016).

Menurut Karespi, prestasi di bidang tilawah sepertinya bukan hal baru bagi Ihsan Nuzula. Putera Nagari Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh ini, sebelumnya juga pernah mewakili Sumatera Barat pada MTQ Nasional ke-24 di Ambon dan meraih juara 1 tilawah remaja dan MTQ Nasional ke-25 di Kota Batam.

Tak kalah membanggakannya, Ihsan juga pernah mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional di Negara Kuwait 2013 silam dan merebut juara harapan 2. Selain itu juga ia juga pernah menyabet juara tiga pada MTQ Internasional hasil seleksi tilawatil Quran Nasional di Bangka Belitung.

"Jauh hari sebelumnya, ia juga sukses mengambil juara 3 dalam MTQ Internasional tingkat remaja di Negara Malaysia," papar Karespi yang dianggukan Ihsan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Serahkan Hadiah bagi Pemenang MTQ Nasional Korpri 2022, Juara I Raih Rp100 Juta, Ini Penerimanya

Diakui Ihsan, ia sudah belajar membaca al Quran sejak kecil. "Bahkan sejak duduk di bangku sekolah tarbiyah (setingkat SMP-red), saya sudah ikut lomba dan pertama sekali tampil pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat, ketika masih di tarbiyah pada 2008," papar Ihsan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: