DDS Sediakan 24 Konter Zakat di Tiga Kota

Kamis, 09 Juni 2016, 14:28 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
DDS Sediakan 24 Konter Zakat di Tiga Kota
Layanan konter Zakat Infak Sedekah Wakaf (ZISWAF) Dompet Dhuafa Singgalang yang dibuka selama Ramadhan 1437 H, menawarkan keringanan berzakat semudah memberi 'Like' bagi para donaturnya. (istimewa)

VALORAnews -- Zakat masih identik dengan Ramadhan. Setiap bulan Ramadhan, masyarakat berbondong untuk menyalurkan zakat mereka. Untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam pengelolaan zakat, Dompet Dhuafa Singgalang menyediakan layanan konter di 24 titik di tiga kota yakni Padang, Bukittinggi dan Payakumbuh.

"Sebenarnya, zakat adalah cara untuk membersihkan harta yang wajib dikeluarkan muslim saat harta mereka mencapai nishab dan haul," tutur Ketua Ramadhan 1437 H Dompet Dhuafa Singgalang, Syamsul Bahri, Kamis (9/6/2016).

Dipilihnya Ramadhan sebagai momentum dalam meningkatkan amalan ibadahnya, mungkin disebakan janji Allah, beramal sunah pada Ramadhan akan diberi pahala seperti ibadah wajib. Apalagi ibadah wajib, pahalanya akan dilipat gandakan jadi 70 kali lipat dibanding pada waktu lain.

Dapat dikatakan bahwa Allah SWT obral pahala pada setiap bulan Ramadhan. Seperti sabda Rasulullah SAW : "Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (lailatul qadr) yang lebih utama dari pada seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih di malamnya sebagai ibadah sunah. Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan di awalnya menjadi rahmat, di tengahnya menjadi ampunan dan di akhirnya merupakan kebebasan dari neraka."(HR. Ibnu Huzaimah).

Baca juga: Safari Ramadhan ke Lamposi Tigo Nagari, Supardi: Masjid Tempat Terbaik Cetak Generasi Emas

Dikatakan, sebaran konter layanan Dompet Dhuafa Singgalang yang mencakup zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF), untuk wilayah Padang dapat ditemui di Gramedia, Plaza Andalas, Bank Mandiri (Cabang Sudirman, Imam Bonjol dan Taman Melati), BNI Syariah (Belakang Olo), Bank Nagari (Jl Pemuda).

Kemudian, Bank CIMB Niaga Syariah (Jl Sudirman), Bank Muamalat (Padang Baru), Sentral Pasar Raya (SPR), Basko (Foodmart dan Matahari), Sari Anggrek (Permindo), Semen Padang Hospital, RS M Djamil di kawasan Jati, Rabbani dan Pegadaian (Tarandam).

Sedangkan untuk wilayah Bukittinggi, konter layananan dapat ditemukan di Bank Mandiri (Depan Niagara Swalayan), Budiman (Jembatan Besi), Bank Syariah Mandiri (Aua Kuning), BNI Syariah (Simpang Yarsi), dan untuk Payakumbuh, dua titik layanan konter terdapat di Bank BNI Syariah Sudirman (Payakumbuh Selatan), dan Bank Syariah Mandiri (Simpang Benteng).

"Tak hanya itu, kami mengoptimalkan layanan jemput ZISWAF 24 jam selama Ramadhan. Dana yang terkumpul tersebut nantinya akan digunakan untuk menjalankan program yang dimiliki Dompet Dhuafa, yaitu program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial serta untuk pelaksanaan program penyaluran Paket Juara (Jemput Keberkahan Ramadhan 1437 H) bagi penerima manfaat," pungkas Syamsul. (rls)

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: