Pengembangan Sentra Ternak, Agam Gandeng Unand

Selasa, 05 April 2016, 10:12 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Pengembangan Sentra Ternak, Agam Gandeng Unand
Ilustrasi

VALORAnews---Kawasan Sentral Peternak Rakyat (SPR) di Duo Nagari Kecamatan Palembayan Agam akan dijadikan lokasi atau daerah percontohan di Sumatera Barat. Pemkab Agam bahkan menggandeng Unand untuk pengembangan SPR.

"Saat ini, kita tengah menyusun draf Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Andalas (Unand) Padang untuk mengembangkan kawasan SPR itu," kata Kabid Budidaya Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Elisman Rasyid, dikutip dari siaran pers Agam Media Center, Selasa (5/4/2016).

Bersama Unand, kata Elisman, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap peternak agar mampu menggembangkan jenis sapi lokal dan mempercepat populasi sapi.

Ini bertujuan untuk memfasilitasi sarana pembibitan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sekaligus membentuk, penguatan kelompok peternak sebagai penghasil bibit di Kabupaten Agam. "Kita menginginkan ilmu diperoleh peternak dikawasan SPR nanti dapat diterapkan kepada peternak lainya," katanya.

Disebutkan, saat ini telah banyak kabupaten dan kota di Sumatera Barat melakukan studi banding ke lokasi kawasan sentral peternakan rakyat di Duo Nagari tersebut. "Rata-rata mereka datang dengan tujuan untuk melihat dan mensurvei lokasi SPR ini," katanya.

Kawasan SPR di Kecamatan Palembayan memiliki sebanyak 1.134 ekor sapi yang terdiri dari 1.034 ekor sapi betina produktif dan 100 ekor sapi jantan jenis lokal.

SPR ini mempunyai Gugus Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) dengan jumlah sembilan orang, dengan struktur ketua, sekretaris dan bendahara dan manejer dari perguruan tinggi. "Untuk honor mereka dibayarkan oleh dana pusat," pungkasnya. (lok)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: