Badan Penyangga Gambir Dibutuhkan

Senin, 28 Maret 2016, 13:56 WIB | Olahraga | Kab. Lima Puluh Kota
Badan Penyangga Gambir Dibutuhkan
Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dengan General Manager Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero, Bayu Adhi Wardhana di ruang rapat bupati, Senin (28/3/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Gambir mulai mendapatkan perhatian serius pemerintah pusat. Untuk mendongkrak dan menjaga harga komoditi eksport ini agar selalu di atas standar, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero mewacanai membentuk badan penyangga komoditi ekspor tersebut.

Hal itu terungkap dalam dialog General Manager Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero, Bayu Adhi Wardhana dengan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, di ruang rapat bupati, kemaren.

"PPI Persero selaku BUMN khusus perdagangan di bawah Kementerian Perdagangan, ditunjuk kementerian untuk menyangga harga gambir di Indonesia. Tujuannya, agar harga produk spesifik daerah ini stabil dan tidak jatuh," ungkap Bayu.

Namun ketika harga membubung, pihak PPI akan membiarkan mekanisme pasar yang berlaku.

Baca juga: Pergup Tata Niaga Gambir Disiapkan, Gubernur Sumbar: Garap Potensi Produk Turunannya

Sebaliknya, kalau harga melemah hingga mendekati Rp33.000 per kg, maka perusahaan plat merah ini akan melakukan intervensi, yang mungkin saja akan membeli produksi perkebunan rakyat itu dengan harga standar.

"Untuk menyelamatkan harga yang terpuruk, PPI akan melakukan pembelian dengan harga standar yang telah ditentukan pemerintah. Selain bertindak sebagai penyangga harga, PPI juga akan membantu pemasaran ekspor yang selama ini dikuasai pihak tertentu," papar Bayu.

Kendati ini masih wacana, ujarnya, namun harga gambir sejak beberapa waktu belakangan sudah jauh melambung. Bahkan di Kota Padang harga gambir sudah mencapai Rp55.000 per kg.

Dikatakan, tak hanya gambir, PPI juga diperintahkan pemerintah untuk melakukan ekspor produk khas Indonesia lainnya.

Baca juga: Sumbar Ekspor Kulit Manis dan Gambir ke Amerika Serikat, Eksportirnya Peserta Program ECP

Menanggapi hal itu, Ferizal Ridwan menyebut, dalam visi misinya juga menginginkan adanya badan pengelola gambir sebagai produk ungggulan di daerah ini. Tak hanya mengelolanya di hulu, namun juga menggarapnya hingga ke hilir.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: