PIN POLIO Putaran Kedua Berjalan Lancar di Lunang

Sabtu, 24 Agustus 2024, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PIN POLIO Putaran Kedua Berjalan Lancar di Lunang
Pelaksanaan PIN Polio Putaran Kedua di Kecamatan Lunang, Pessel, berjalan lancar, Senin (12/8/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (24/8/2024) - Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran Kedua (Pemberian Dosis Ke-dua) di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, berjalan lancar.

Dalam relis Diskominfo Pessel, Sabtu (24/8/2024), pelaksanaan PIN kedua tersebut, dilaksanakan di sejumlah posyandu yang ada di Nagari - Nagari (desa adat) di sana.

Diantaranya: Posyandu Tunas Harapan 1 & Posyandu Bougenville Nagari Lunang Tengah, Posyandu Mawar Nagari Lunang Dua, Posyandu Melati Putih & Posyandu Kenagarian Nagari Lunang Selatan.

Pemberian Imunisasi Polio Dosis Kedua, dilaksanakan oleh Minja Yunita (Bidan Desa Nagari Lunang Tengah), Devi Elpina (Bidan Desa Nagari Lunang Dua), dan Feby Prasetya Nanda (Staf Puskesmas Lunang).

Baca juga: DINKES PESSEL Uji Coba Depot Air Minum di Puskesmas Tapan

Minja Yunita, mengatakan, pemberian Imunisasi Polio Putaran 2, sudah dilaksanakan tanggal 12 - 21 Agustus 2024, lalu.

"Polio adalah penyakit yang sangat berbahaya. Karena, dapat menyebabkan kelumpuhan dan cacat seumur hidup. Salah satu gejala polio adalah lumpuh layu. Yaitu, kelumpuhan secara mendadak, dan bersifat layu atau lemas pada anak," ucapnya.

Penyakit Polio tidak bisa diobati, namun bisa dicegah dengan Imunisasi.

"Untuk itu, pelaksanaan PIN Polio, harus dilakukan secara maksimal. Dan, ayo kita sukseskan PIN Polio ini, untuk melindungi anak- anak kita di usia 0 - 7 Tahun, dengan mendapatkan 2 kali pemberian tetes manis Polio," ujar Minja Yunita. (*)

Baca juga: DINKES PESSEL Gelar Sosialisasi Aplikasi Satu Sehat SDMK

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: