Hidayat Fasilitasi Relawan KPB Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kebencanaan

Jumat, 05 Juli 2024, 19:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Hidayat Fasilitasi Relawan KPB Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kebencanaan
Anggota DPRD Sumbar, Hidayat memasangkan jaket pada peserta pelatihan kebencanaan yang diikuti anggota Komite Peduli Bencana (KPB) Kota Padang, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Mengingat pentingnya peran relawan, maka mereka perlu mendapatkan penguatan kapasitas. Sehingga, relawan memahami tugas dan perannya dalam penanggulangan bencana," terang Hidayat.

"Pelatihan ini juga mengikutsertakan 9 orang personil BPBD Padang, dengan tujuan terciptanya kolaborasi dan harmonisasi antara relawan dan personil BPBD Padang di lapangan nantinya," ungkap Hidayat.

Pelatihan kebencanaan ini, hampir setiap tahun diagendakan Hidayat untuk relawan kebencanaan Kota Padang yang memiliki potensi kebencanaan yang kompleks.

Baca juga: Hidayat Alokasikan Pokir untuk Perbaikan Jalan Batavia Dadok Tunggul Hitam

Menurut Hidayat, relawan sangat berperan penting saat terjadi bencana. Mereka hadir sebagai garda terdepan setiap kali musibah datang.

"Kota Padang adalah penyumbang ekonomi besar untuk Sumatera Barat. Sebanyak 25,7 persen perekonomian Kota Padang memberikan masukan kepada provinsi," ucapnya.

"Namun, Kota Padang juga memiliki potensi kebencanaan yang lengkap. Mulai dari banjir, longsor, gempa hingga tsunami," terangnya.

Hidayat berharapm dalam pelatihan nantinya akan ada pola partisipasi aktif dan seluruh unsur, pemerintah, swasta dan masyarakat menangani kebencanaan.

"Dengan pelatihan ini, relawan tingkat kecamatan dan kelurahan, nantinya akan terkoordinasi dengan BPBD sehingga informasi dan antisipasi bencana, lebih terkoordinir," pungkas Hidayat. (*)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024