LKPj Sumbar 2023, Populasi Pemuda Capai Angka 24,87 Persen, IPM Lampaui Target RPJMD

Minggu, 31 Maret 2024, 18:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
LKPj Sumbar 2023, Populasi Pemuda Capai Angka 24,87 Persen, IPM Lampaui Target RPJMD
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Suwirpen Suib dan Audy Joinaldy (Wagub) saat rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar LKPj Tahun 2023, Senin. (humas)

"Pencapaian tahun 2023 lebih baik dari target RPJMD yang berada diangka 0,296 kondisi ini jauh lebih baik dari rata-rata nasional yang berada pada angka 0,388," terang Audy.

Sementara, saat membuka rapat paripurna, Irsyad Syafar menyebutkan, LKPj tahun 2023 adalah LKPj tahun ketiga bagi gubernur-wakil gubernur masa jabatan 2021-2024.

DPRD sebagai institusi yang melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, perlu melihat secara lebih tajam.

"Sudah sampai sejauhmana capaian kinerja Gubernur Sumatera Barat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sampai pada tahun 2023, apa permasalahan yang dihadapi dan bagaimana solusi yang diambil untuk penyelesaian permasalahan tersebut," kata Irsyad.

Dia menegaskan, dalam UU No 23 Tahun 2014, DPRD dan kepala daerah sama-sama dalam kedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Oleh sebab itu, keberhasilan dan kegagalan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan tugas dan kewajiban bersama sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dengan demikian DPRD tidak dalam kapasitas menerima dan menolak LKPj Kepala Daerah.

"Meskipun demikian, pembahasan LKPj oleh DPRD tetap memiliki fungsi yang sangat strategis, sebab hasil pembahasan akan melahirkan rekomendasi untuk digunakan sebagai perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan daerah di tahun selanjutnya," terang Irsyad. (*)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: