Jemari Sakato Gelar Respon Tanggap Darurat Bencana Banjir Longsor Pesisir Selatan

Kamis, 28 Maret 2024, 09:09 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Jemari Sakato Gelar Respon Tanggap Darurat Bencana Banjir Longsor Pesisir Selatan
Tim Jemari Sakato bersama Save The Children Indonesia mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah yang ada di kecamatan Koto XI Tarusan, Pessel. (humas)

Direktur Eksekutif Jemari Sakato, Anggun Mustika Yanti menyebutkan, selain melaksanakan pembersihan beberapa sekolah, Jemari juga melakukan beberapa kegiatan penting lainnya.

Yakni kegiatan dukungan psikososial untuk mengasah kepekaan murid-murid serta hiburan paska bencana.

"Kegiatan psikososial dalam bentuk permainan dan hiburan ini akan melibatkan seluruh murid-murid," ungkap Anggun.

Baca juga: DPRD PESSEL 2024: PKB Ketua, PAN Wakil, Demokrat Tersingkir

Tim Fasilitator Jemari Sakato, Fitri Yani menyebutkan, setelah pembersihan, agenda selanjutnya adalah program khusus "Back to School" berupa dukungan alat tulis dan tas sekolah untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Sementara itu, Program Manager respon banjir longsor yang dilaksanakan JEMARI Sakato di Pesisir Selatan, Fikon Dt Sati mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Surat Gubernur Sumatera Barat No.360-216-2024 tentang status tanggap darurat bencana alam banjir dan tanah longsor di Provinsi Sumatera Barat.

"Jemari Sakato bersama berbagai NGO lain memberikan dukungan karena ini merupakan tanggungjawab bersama," ungkapnya.

"Sebagai bagian dari anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB Sumbar), Jemari Sakato terpanggil untuk ikut meringankan beban masyarakat," tambah Fikon.

Dikatakan Fikon, respon Jemari Sakato diawali dengan melakukan kaji cepat (rapid assessment) di 5 hari pertama. Hasil kaji cepat ini yang selanjutnya dirumuskan menjadi program respon.

"Beberapa kegiatan dan sasaran sudah direncanakan untuk selama 40 hari," terangnya.

"Dukungan lain yang dilakukan yakni pembagian Hygiene Kit dengan mendorong peran serta Posyandu di nagari dan distribusi air bersih," ungkap mantan angota KPU Sumbar itu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis

Bagikan: