Cara Kumpulkan Rp50 Juta dalam 365 Hari, Strategi Menabung Dana Darurat 2024

Jumat, 02 Februari 2024, 19:08 WIB | Bisnis | Nasional
Cara Kumpulkan Rp50 Juta dalam 365 Hari, Strategi Menabung Dana Darurat 2024
Ilustrasi Dana Darurat dan Investasi buat Menabung (foto: Youtube Felicia Putri Tjiasaka/Canva)

PERNAH mendengar istilah dana darurat? Merupakan sebuah uang yang diperuntukkan bagi pengalokasian hidup, dalam jangka panjang.

Menurut beberapa saran dari berbagai pihak berkepentingan, kamu harus mengalokasikan dana darurat berkali-kali lipat dari jumlah gaji per bulan.

Anggap lah misal gaji per bulan mu sekitar Rp5 juta, maka dana darurat yang kamu miliki harus Rp22 jutaan agar bisa hidup tanpa kerja selama 6 bulan.

Pada artikel ini, Valora News akan mengupas kenapa dana darurat penting dan bagainana cara menghitung serta mengumpulkan hingga alokasi detailnya.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Terima Dividen dari Bank Nagari Rp 11,7 Miliar

Publikasi terkait dirangkum dari Channel Youtube Felicia Putri Tjiasaka, kan kita tidak tahu bagaimana hidup kedepannya. Misalnya kamu di cut off, maka harus dana darurat.

Fungsi Dana Darurat

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa darurat dapat digunakan saat kamu tiba-tiba di PHK atau ketika ban bocor dan ketika sakit hingga berbagai kejadian tidak terduga yang membutuhkan uang.

Yang mana hal tersebut suka datang tanpa ada salam sebelumnya alias dadakan kaya tahu bulet, ibarat akan butuh waktu mencerna semua keadaan baru sampai di tahap memahaminya. Bahkan, suka datang saat mepet dan kita tidak ada uang.

Makanya penting untuk menyiapkan dana darurat, jangan sampai kita terikat pinjol atau pun rentenir yang berikan bunga pinjaman berkali-kali lipat.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: It Arman Caleg PPP Dituntut 2 Tahun Penjara

Cara Ngitung Dana Darurat

Apabila kamu telah memahami fungsi dana darurat tadi, yuk sekarang ketahui cara ngitungnya karena masing-masing orang memiliki gaji dan pengeluaran yang tidak sama.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: