Menyusuri Lubang Kalam, Terowongan 'Uji Nyali' Penghubung Sumbar-Riau yang Dihuni Ribuan Kelelawar

Jumat, 26 Januari 2024, 17:00 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Menyusuri Lubang Kalam, Terowongan 'Uji Nyali' Penghubung Sumbar-Riau yang Dihuni Ribuan...
Lubang Kalam di Desa Merangin, Kecamatan Kuo, Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

VALORANEWS.COM - Menyusuri Lubang Kalam, terowongan "uji nyali"penghubung Sumbar-Riau yang dihuni ribuan kelelawar.

Lubang Kalam terletak di Desa Merangin, Kecamatan Kuo, Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Seperti dilansir ValoraNews.com melalui kanal YouTube Explore the Skyline, Jumat, 26 Januari 2024, di gerbang objek wisata Lubang Kalam terdapat sebuah terowongan lama yang legendaris di dalamnya.

Di samping gerbang ini ada semacam bangunan lama berbentuk sebuah benteng dengan tulisan 1929. Dari informasi yang ramai beredar, 1929 merupakan tahun pembuatan Lubang Kalam ini.

Kini, Lubang Kalam telah banyak dihuni oleh kelelawar. Didekat lubang ini juga terdapat Sungai Kampar yang biasanya digunakan untuk spot memancing bagi para pemancing.

Jalur masuk Lubang Kalam merupakan jalur lama antara Provinsi Sumbar dan Provinsi Riau.

Dari gerbang masuk ada sekitar 100 meter menuju terowongan Lubang Kalam. Tampak pula sebuah musala yang telah terbengkalai.

Pasalnya, dulu Lubang Kalam ini dijadikan Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai tempat wisata. Maka itu, juga disediakan sebuah musala untuk beribadah. Namun, kini kondisinya terlihat terbengkalai dan kosong.

Di sekitar Lubang Kalam juga terdapat pondok-pondokan kecil, perahu nelayan, toilet, dan juga ada sebuah sepeda.

Bentuk Terowongan Lubang Kalam

Lubang Kalam yang dibangun tahun 1929 dan ada bangku taman didalam terowongan ini dan lampu yang sudah tidak berfungsi lagi.

Dipertengahn pejalan menuju terowongan juga ada semacam kerangkeng.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Explore the Skyline

Bagikan: