DPRD Jambi Pelajari Kiat Sumatera Barat Gali Potensi PAD dari Sektor Industri

Rabu, 24 Januari 2024, 13:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Jambi Pelajari Kiat Sumatera Barat Gali Potensi PAD dari Sektor Industri
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar bertukar cenderamata dengan Wakil Ketua DPRD Jambi, Pinto Jayanegara usai dialog dalam agenda kunjungan kerja Bamus dan Banggar DPRD Jambi ke Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (23/1/2024) - Peraturan Daerah (Perda) Sumatera Barat tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah menarik minat Badan Musyawarah (Banmus) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jambi.

"Sumbar miliki industri terkenal, PT Semen Padang. Sementara, di Jambi banyak menjamur pertambangan batubara. Di Sumbar, industrinya bisa berkontribusi signifikan untk pendapatan asli daerah (PAD). Ini yang kita pelajari berkunjung ke sini," ungkap Wakil Ketua DPRD Jambi, Pinto Jayanegara, Selasa.

Hal itu dikatakan Pinto Jayanegara, saat memimpin rombongan Bamus dan Banggar DPRD Jambi yang melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sumbar.

Di mata Pinto, kontribusi perusahaan yang bergerak pada bidang industri di Jambi, masih belum berkontribusi signifikan bagi daerah.

Baca juga: Komisi II DPRD Pasbar Pelajari Kiat Optimalisasi PAD Pemkab Agam

"Kedepan, kita berniat untuk menambah PAD dari sektor itu. Sehingga, potensi daerah ini harus dimaksimalkan," terang Pinto yang disambut di Ruang Khusus I DPRD Sumbar itu.

Pinto dan rombongan, disambut Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar didampingi Budiman (Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah/Bapemperda DPRD Sumbar)..

Juga hadir, Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, Kabag Hukum Perundang-Undangan, Zardi Syahrir, Kasubag Humas Protokol Dahrul Idris beserta sejumlah staf.

Menurut Pinto, Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang merupakan amanat UU No 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ini belum dimiliki Pemprov Jambi.

Baca juga: Paduan Suara Agam Dapat Standing Aplaus Ketua TP PKK Sumbar

"Produk hukum daerah (Perda-red) ini, mesti ada juga di Jambi," tegasnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: