Mahyeldi Dialog dengan Nelayan Tarusan Pesisir Selatan, Ini yang Dikeluhkan dan Solusi yang Ditawarkan

Senin, 22 Januari 2024, 06:07 WIB | Bisnis | Kab. Pesisir Selatan
Mahyeldi Dialog dengan Nelayan Tarusan Pesisir Selatan, Ini yang Dikeluhkan dan Solusi...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi sejumlah pimpinan OPD, gelar dialog dengan nelayan Koto XI Tarusan, Pessel di Labuan Sunday, Ahad. (humas)

PADANG (21/1/2024) -- Nelayan Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan keluhkan ketersediaan solar, infrastruktur jalan, perizinan hingga fasilitas penyimpanan hasil panen yang sewaktu-waktu dalam kondisi melimpah.

"Pemprov Sumbar melalui OPD terkait, akan bekerja keras menemukan solusi atas setiap kendala yang bapak/ibuk rasakan saat melaut," ucap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat berdiskusi dengan sejumlah nelayan Pessel di Labuan Sunday, Ahad.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga mengungkapkan, terus menjalin komunikasi dengan instansi dan lembaga vertikal terkait.

Seperti soal ketersediaan solar. Pemprov akan memperjuangkan tambahan kuota ke Pertamina. Dalam waktu dekat, ungkap Mahyeldi, akan digelar rapat membahas kebutuhan solar subsidi untuk nelayan dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

"Kebutuhan Bakan Bakar Minyak (BBM) Sumbar selalu di atas kuota yang disediakan," ungkap Mahyeldi.

Terkait kebutuhan infrastruktur jalan sebagai pendukung akses penyaluran ikan, Mahyeldi meminta kelompok nelayan, mengajukan permohonan melalui Bupati Pessel, kemudian ditembuskan ke Pemprov Sumbar.

"Nanti kita carikan solusinya dengan membangun jalan lingkung," kata Mahyeldi.

Adapun terkait dengan perizinan dan kasus ditangkapnya nelayan oleh petugas karena menggunakan kapal yang tidak memiliki izin, Mahyeldi memastikan, akan terus menjalin komunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), agar para nelayan yang belum mendapatkan perpanjangan izin tidak ditangkap.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Menurut Mahyeldi, untuk memperjuangkan nelayan, Pemprov Sumbar sudah bersurat pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, agar mendapatkan perlakuan khusus.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: