TPI Surantih Ambruk, Puluhan Kapal Hanyut dan Rusak, Gubernur: Segera Laporkan Rincian Kerugian

Senin, 18 Maret 2024, 07:58 WIB | Bisnis | Kab. Pesisir Selatan
TPI Surantih Ambruk, Puluhan Kapal Hanyut dan Rusak, Gubernur: Segera Laporkan Rincian...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi melihat bagian pondasi bangunan TPI Surantih yang dihanyutkan air pada hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumbar pada 7-8 Maret 2024 lalu. (humas)

PESSEL (16/3/2024) - Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Surantih alami kerusakan berat pascabanjir melanda kawasan itu pada 7-8 Maret 2024 lalu.

TPI yang berada di kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terlihat ambruk akibat diterjang banjir.

"Selain TPI Surantih yang ambruk, 17 unit kapal tangkap nelayan juga alami kerusakan berat akibat hempasan air bah, sehingga tak bisa lagi dibawa melaut," ungkap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi disela peninjauan, Sabtu.

Kerusakan berat yang terjadi di TPI Surantih yang ditinjau Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Sabtu.
Kerusakan berat yang terjadi di TPI Surantih yang ditinjau Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Sabtu.

Menurut Mahyeldi, kerugian yang dialami warga nelayan serta rehab rekon pelabuhan TPI Surantih yang ambruk, akan segera ditindaklanjuti.

Dikatakan Mahyeldi, dirinya juga menerima laporan, terdapat puluhan kapal kecil atau boat serta puluhan mesin kapal, hancur karena kejadian bencana banjir besar tersebut.

"Kita minta, rincian kerugian yang disebabkan oleh kejadian banjir ini, segera disampaikan pada Pemprov Sumbar, agar segera ditindaklanjuti ke kementerian terkait," ungkap Mahyeldi.

Tercatat, ada 17 kepala keluarga (KK) yang beraktivitas di TPI Surantih ini. "Kita minta data kerugian segera disiapkan secara terperinci. Berapa penghasilan mereka dalam sekali melaut, juga dihitung hingga saat ini mereka tidak bisa melaut. Itu termasuk kerugian yang dialami," ungkap Mahyeldi.

"Untuk kapal yang hancur, masyarakat berharap ada dukungan bantuan agar bisa melaut lagi. Kita akan segera sampaikan laporannya nanti ke Kementerian," ucap dia.

Selain itu, Mahyeldi juga mengecek kondisi pelabuhan ikan yag ambruk akibat bencana banjir di TPI Surantih.

Pemprov Sumbar melalui dinas terkait nantinya akan berusaha secepatnya melakukan langkah rehabilitasi rekonstruksi (rehab rekon) sehingga masyarakat nelayan setempat bisa segera beraktivitas kembali.

"Hari ini kita juga menyalurkan bantuan beras untuk Pesisir Selatan. Tentu warga di TPI Surantih ini termasuk bagian dari penerima bantuan itu."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: