48 Pemuda Pasbar Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Giri Maju

Senin, 15 Januari 2024, 07:15 WIB | Bisnis | Kab. Pasaman Barat
48 Pemuda Pasbar Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Giri Maju
Sekda Pasbar, Hendra Putra bersama Kepala UPTD BLK Pasbar, Erwanzi dan jajaran, foto bersama usai pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024, Jumat (12/1/2024). (robi irwan)

PASBAR (15/1/2024) - Sekda Pasbar, Hendra Putra meminta peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024, mengikuti rangkaian pelatihan dengan serius.

"Ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di dunia kerja nantinya," ungkap Hendra saat membuka pembekalan keterampilan kepada masyarakat melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024, Jumat (12/1/2024).

Pelatihan ini digelar Dinas Ketenagakerjaan Pasbar bersama UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Giri Maju di Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Dikatakan, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, mengasah sikap, etika dan perilaku peserta.

Baca juga: Balitbangda Pasbar Bawa Petani Gula Merah Sungai Aur Belajar ke Kabupaten Mukomuko, Ini Alasannya

"Tujuannya, menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, baik disebabkan lepas pendidikan ataupun berusaha mandiri," jelas Hendra Putra.

Selain itu, pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang kejuruan masing-masing peserta serta meningkatkan ketrampilan masyarakat pada usia produktif yang nantinya menjadi bekal dalam kerja.

"Dengan keterampilan yang telah dimiliki nanti, diharapkan peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri serta terwujudnya kualitas sumber daya manusia yang terampil, kompeten dan produktif pada bidang masing-masing kejuruan," katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Pasbar, Erwanzi melaporkan, pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun anggaran 2024 ini terdiri dari tiga paket pelatihan.

Baca juga: Sekda Pasbar Pimpinan Rapat Persiapan Penilaian Lomba PKK Berprestasi Tingkat Provinsi

Yakni, kejuruan TIK dengan program practical office advance, kedua kejuruan teknik listrik dengan program pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, ketiga kejuruan teknik otomotif dengan program servis sepeda motor injeksi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: