Ini Target Sumut dalam Penyusunan RPJPD 2025-2045

Jumat, 12 Januari 2024, 08:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Ini Target Sumut dalam Penyusunan RPJPD 2025-2045
Sekdaprov Sumatera Utara, Arief S Trinugroho memberikan arahan pada kegiatan Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 Provinsi Sumut di Medan, Kamis. (humas)

MEDAN (11/1/2023) - Sekdaprov Sumatera Utara, Arief S Trinugroho menegaskan, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota mesti selaras dalam mendukung pencapaian visi Indonesia Emas.

"RPJP ini harus menentukan jalan dalam mewujudkan negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan," ujar Arief saat membuka Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045 di Medan, Kamis.

Berbarengan dengan itu, juga digelar kegiatan konsultasi publik Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 Provinsi Sumut.

Arief meminta, dalam penyusunan RPJPD tersebut, mengaktifkan komunikasi dan koordinasi antarpihak, dan tidak segan mengembangkan kolaborasi dan inovasi. Sehingga, bisa terwujud pembangunan Sumut yang unggul, maju dan berkelanjutan.

Baca juga: Nota Pengantar Ranperda RPJPD Agam 2025-2045, Sekda: Akan jadi Pedoman Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

Disampaikan, selaras dengan arah kebijakan RPJPN 2025-2045, delapan misi RPJPD Provinsi Sumut juga akan melakukan transformasi menyeluruh pada aspek sosial, ekonomi dan tata kelola pemerintahan.

Kemudian, mewujudkan masyarakat demokratis dengan penciptaan lingkungan aman dan stabilitas ekonomi makro, ketahanan sosial, budaya dan ekologi.

Selanjutnya, pembangunan kewilayahan yang merata dan adil berbasis karakteristik wilayah. Serta pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Sumut, Hasmirizal Lubis mengatakan, ada lima sasaran utama pembangunan RPJPD Sumut kedepan.

Baca juga: Ranwal RPJPD Agam 2025-2045 Dibahas Bersama DPRD, Ini Kata Bupati

Yaitu, peningkatan pendapatan per kapita, pengurangan tingkat kemiskinan dan ketimpangan, meningkatkan peran dan posisi Sumut di tingkat nasional dan global, peningkatan daya saing sumber daya manusia, dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: