Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas Diizinkan Bawa Pendamping Sendiri Saat Gunakan Hak Pilih

Kamis, 28 Desember 2023, 17:35 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas Diizinkan Bawa Pendamping Sendiri Saat Gunakan Hak Pilih
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen diwawancara wartawan usai sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024 bagi kelompok disabilitas, di salah satu hotel di Padang. (mangindo kayo)

PADANG (28/12/2023) - Pemilih disabilitas diizinkan untuk membawa pendamping yang dipercayainya, saat menggunakan hak pilih di hari pemungutan dan penghitungan suara, tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

"Pendamping itu, nantinya akan mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh KPPS (kelompok panitia pemungutan suara) di setiap tempat pemungutan suara (TPS)," ungkap Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen di Padang, Selasa.

Hal itu dikatakan Surya Efitrimen usai membuka sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024 bagi kelompok disabilitas, di salah satu hotel di Padang.

Sosialisasi ini diikuti 700 orang lebih, pemilih kategori disabilitas dari berbagai daerah di Sumbar.

Baca juga: Pilkada Bermartabat, Berarti untuk Negeri jadi Tagline Pemilihan Serentak 2024 Tingkat Sumatera Barat

Jika tak memiliki orang yang dipercaya, urai Surya Efitrimen, pemilih disabilitas ini bisa mengamanahi salah seorang dari 7 anggota KPPS, sebagai pendampingnya dalam menggunakan hak pilih.

"Anggota KPPS yang diminta untuk jadi pendamping ini, tetap mengisi surat pernyataan," tegas Surya Efitrimen.

Diharapkan Surya Efitrimen, sosialisasi ini selain akan meningkatkan partisipasi pemilih, juga dalam rangka memberikan hak yang sama tanpa melihat suku, agama dan ras.

"Dalam menentukan lokasi TPS, kita telah menggaris bawahi, agar lokasinya mudah diakses oleh penyandang disabilitas," ungkap Surya Efitrimen.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Tingkat Sumbar Disiarkan Live di Kanal Youtube, Ini Linknya

Kriterianya, lokasi tanah TPS berdiri yang rata dan tidak ada tangga, tidak ada batu maupun rumput tebal dan tidak melewati parit.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: