4 Ide Usaha Ternak Berpotensi Besar di Penghujung Tahun 2023

Selasa, 26 Desember 2023, 17:23 WIB | Bisnis | Nasional
4 Ide Usaha Ternak Berpotensi Besar di Penghujung Tahun 2023
Ilustrasi ide usaha ternak berpotensi di penghujung tahun 2023. (Foto: Canva/Pinterest)

2. Ternak Maggot

Maggot merupakan belatung yang berasal dari larva lalat, kini menjadi sorotan sebagai opsi bisnis yang menarik, terutama setelah melalui proses seleksi cacing sutra.

Meskipun tergolong sebagai pilihan yang unik, peluang bisnis ternak Maggot patut untuk dijajaki.

Dalam dunia ternak unggas dan ikan air tawar yang semakin berkembang, ternak Maggot menemukan celahnya sebagai sumber pakan alternatif.

Tingginya kandungan protein yang dimiliki Maggot menjadikannya pilihan yang sangat diinginkan sebagai sumber nutrisi bagi hewan ternak.

Salah satu keuntungan utama dari usaha ternak Maggot adalah kebutuhan modal yang relatif terjangkau.

Bagi para pemula yang ingin merintis usaha di sektor ini, modal sebesar Rp100 ribu sudah dapat membuka pintu kesempatan. Dana tersebut mencakup biaya pembuatan media, perawatan, dan pakan untuk Maggot.

Tak hanya itu, keistimewaan lainnya adalah Maggot dapat diberi sisa makanan atau buah-buahan, memungkinkannya untuk tumbuh dengan baik dan siap menghasilkan keuntungan.

3. Budidaya Ikan Lele Skala Rumahan

Bagi kamu yang belum mengetahui, budidaya ikan lele dengan skala rumahan juga dapat menjadi pilihan yang menjanjikan, bahkan dengan modal yang minimal.

Kamu dapat mencoba memelihara ikan lele dalam drum bekas dengan kapasitas 80-100 ekor bibit lele. Artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat kolam besar sebagai langkah awal dalam memulai usaha ini.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: