4 Ide Usaha Ternak Berpotensi Besar di Penghujung Tahun 2023

Selasa, 26 Desember 2023, 17:23 WIB | Bisnis | Nasional
4 Ide Usaha Ternak Berpotensi Besar di Penghujung Tahun 2023
Ilustrasi ide usaha ternak berpotensi di penghujung tahun 2023. (Foto: Canva/Pinterest)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Dengan modal awal sebesar Rp100 ribu, kamu sudah bisa membeli 100 ekor bibit lele dengan harga sekitar Rp50 ribu. Sisanya dapat digunakan untuk membeli peralatan aerasi sederhana.

Perlu diingat bahwa secara ideal, 1 kg lele dapat menampung sekitar 10 ekor setelah dewasa. Oleh karena itu, keberhasilan usaha ini tergantung pada kemampuanmu dalam merawat ikan dan menjaga pakan dengan baik.

Dengan perawatan yang tepat, modal awal Rp100 ribu bisa menghasilkan panen sekitar 9-10 kg ikan lele dewasa.

Oleh karena itu, kunci utama dalam budidaya lele ini adalah memberikan perawatan maksimal demi mendapatkan hasil panen yang sehat dan menguntungkan.

Budidaya ikan lele skala rumahan dengan modal terjangkau dapat menjadi peluang bisnis menarik bagi mereka yang ingin memulai usaha di bidang perikanan.

4. Ternak Jangkrik

Mencoba usaha ternak jangkrik masih menjadi tren yang terus berkembang dari tahun ke tahun, walaupun sekarang sudah di penghujung tahun 2023.

Sehingga mampu menciptakan peluang bisnis yang menarik dan tetap diminati di pasar saat ini.

Jangkrik, serangga yang kini menjadi primadona, memiliki banyak manfaat, seperti sebagai pakan burung, ikan hias, dan umpan memancing. Kegunaan yang beragam membuat ternak jangkrik menjadi opsi bisnis yang menjanjikan.

Dengan modal yang sangat terjangkau, bahkan bagi pemula sekalipun, bisnis ternak jangkrik dapat dicoba dalam skala kecil dengan hanya mengeluarkan sekitar 100 ribu rupiah.

Dengan modal tersebut, Anda sudah dapat memulai usaha dengan mendapatkan bibit atau telur jangkrik, serta memenuhi kebutuhan kandang dan pakan, seperti kerak telur ayam.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024