BMKG Peringatkan Fenomena El Nino di Masa Libur Nataru 2024

Rabu, 20 Desember 2023, 17:15 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
BMKG Peringatkan Fenomena El Nino di Masa Libur Nataru 2024
Gubernur Sumbar, Mahyeli memberikan arahan pada kegiatan FGD Forkopimda Sumbar dalam rangka membahas kesiapan daerah menghadapi masa libur Nataru 2024 di Padang, Rabu. (humas)

PADANG (20/12/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta, setiap komponen dan unsur harus dapat memastikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Sumbar.

Menurut Mahyeldi, setiap instansi dan lembaga terkait, perlu memperhitungkan dan memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kebencanaan dan kemacetan lalu lintas (Lalin).

"Diperlukan kebijakan yang baik, demi kesiapan pelayanan keselamatan, keamanan serta kelancaran dan pergerakan arus Lalin," tegas Mahyeldi di Padang, Rabu.

Harapan itu disampaikan Mahyeldi saat memimpin Diskusi Grup Terpumpun atau Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar dalam rangka membahas kesiapan daerah menghadapi masa libur Nataru 2024.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Mahyeldi meminta, para pengelola kawasan pariwisata untuk meningkatkan aspek pengamanan di kawasan masing-masing.

Terlebih, mengingat perkembangan cuaca yang fluktuatif menjelang tutup tahun 2023. Sementara, kawasan wisata diyakini akan kedatangan lebih banyak pengunjung selama libur Nataru berlangsung.

"Kita berharap koordinasi dan sinergi jajaran Forkopimda dengan seluruh Pemda, dapat menghadirkan rasa aman serta mengantisipasi berbagai potensi permasalahan yang dapat terjadi," ujarnya lagi.

Selain itu, Mahyeldi mengingatkan pentingnya ketahanan pangan masyarakat, dengan memastikan ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan.

Baca juga: Waspada! BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca untuk Tanggal 12 dan 13 April 2024, Ini Daerahnya

Sementara itu, BMKG sendiri juga telah menyampaikan fluktuasi cuaca masih akan tetap terjadi karena pengaruh fenomena el nino yang masih berlangsung.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: