Bukittinggi Zona Aman dari Sebaran Abu Vulkanik Gunung Marapi, Wisatawan tak Perlu Khawatir

Kamis, 07 Desember 2023, 19:00 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Zona Aman dari Sebaran Abu Vulkanik Gunung Marapi, Wisatawan tak Perlu...
Kepala Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, Rofie Hendra. (hamriadi)

BUKITTINGGI - Pascaerupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/12/2023), sekitar pukul 14.54 WIB, ternyata juga berdampak pada penurunan daya beli konsumen ke sejumlah pedagang di kota Bukittinggi.

Hal itu mungkin karena kota Bukttinggi yang terdampak langsung dari semburan abu vulkanik dan hujan pasir, sehingga memicu keadaan udara yang kurang bagus di kota itu.

Yesi, seorang pedagang sanjai dengan nama kios "Esi 212', Rabu (6/12/2023), membenarkan, pascaerupsi Gunung Marapi telah mempengaruhi daya beli konsumen dalam berbelanja "Kerupuk Sanjai".

"Hampir tidak ada pembeli yang datang berbelanja. Alhamdulillah pagi ini cuaca sudah kembali cerah, sebab semalaman hujan turun lebat. Mudah-mudahan daya beli kembali normal," ujar Yesi.

Baca juga: Agam Tiadakan Aktivitas Luar Ruang di 38 Sekolah, Ini Kewenangan Kepsek Jika Ada Abu Vulkanik

Ia berharap, bencana erupsi Gunung Marapi cepat berlalu, dan ekonomi pedagang pulih kembali, dengan kunjungan wisata ramai ke kota ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, Rofie Hendra mengakui, ada penurunan jumlah wisatawan, meski tak begitu banyak.

Ia mengimbau masyarakat, untuk selalu waspada terkait erupsi Gunung Marapi, dan menyarankan warga saat keluar rumah memakai masker.

"Terkait erupsi Gunung Marapi, kita turut berbelasungkawa terhadap para korban, dan berharap kondisi cepat pulih kembali, baik kehidupan masyarakat sehari hari maupun roda kehidupan kota termasuk sektor pariwisata," kata Rofi.

Baca juga: 8 Personel BPBD Bukittinggi Terlibat Proses Evakuasi Survivor Letusan Gunung Marapi

Menurut dia, dengan status marapi sekarang di level waspada, artinya perlu menindaklanjuti hal tersebut.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: