3 Kerja Sampingan Bagi Nelayan, Kalau Musim Hujan dan Sedang Pasang

Minggu, 26 November 2023, 07:46 WIB | Bisnis | Nasional
3 Kerja Sampingan Bagi Nelayan, Kalau Musim Hujan dan Sedang Pasang
Ilustrasi Kerja Sampingan Nelayan (foto: Canva)

PADAartikel ini terdapat informasi terkait 3 jenis kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh Nelayan, untuk menambah penghasilan.

Apalagi saat musim hujan yang menyebabkan air laut pasang, tentu merupakan aktivitas bahaya bagi Nelayan untuk melaut. Maka dari itu, coba baca tulisan ini.

Agar kamu mengetahui ada aktivitas lain yang bisa dilakukan selain melaut, sehingga penghasilanmu tetap ada atau bahkan lebih sebagai pemenuhan kebutuhan.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat lebih banyak menghabiskan waktu di daratan. Alih-alih berlayar di laut dengan potensi diterjang badai, mending cari cuan di darat saja.

Baca juga: Pengusaha Muda 21 Tahun, Sukses Hasilkan Ratusan Juta dari Bertani Cabai

Berikut rekomendasi 3 jenis kerja sampingan di daratan yang bisa nelayan lakukan, jika musim hujan dan kemungkinan terjadi arus pasang di lautan agar penghasilan selalu ada.

3 Kerja Sampingan Bagi Nelayan

1. Beternak Ikan

Jenis kerja sampingan pertama yaitu kamu bisa membuka peternakan dengan mengembangbiakkan hewan seperti lele misalnya, nantinya kamu bisa jual ke para tukang pecel lele. Yang mana namanya usaha kuliner, tak akan ada matinya.

Selain lele, ada jenis hewan lain yang bisa kamu budidayakan yaitu Udang dan Kerang serta lainnya. Anggap lah kamu pilih Lele, maka harus melakukan beberapa tips agar perawatannya tidak sia-sia.

Baca juga: Usia 17 Tahun Punya Penghasilan 150 Juta Sebulan! Apa Ide Usahanya?

Sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan kolam sebagai tempat budidaya ikan lele dan mengeringkan pengolahan tanah serta melakukan Pengapuran hingga Pemupukan. Atur air kolam pada ketinggian 100-120 cm.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: