5 Freelancer yang Hanya Bisa Dilakukan Petani, Baik di Kota Maupun Desa

Jumat, 24 November 2023, 09:04 WIB | Bisnis | Nasional
5 Freelancer yang Hanya Bisa Dilakukan Petani, Baik di Kota Maupun Desa
Ilustrasi Jenis Freelancer yang Bisa Dilakukan Petani (foto: Canva)

PETANI tidak hanya ada di desa, tapi juga di Kota. Jangan salah, bahkan area per kotaan juga masih banyak lahan persawahan.

Tentunya bukan di Kota Besar yang sudah ditimbun oleh beragam hiruk pikuk asap kendaraan, gedung tinggi dan lainnya seperti di Ibukota.

Tapi beberapa Kota di Pulau Jawa, Sumatera dan lainnya juga masih banyak petaninya. Namun tidak sebanyak dulu lagi, karena mayoritas anak muda tak ada yang mau meneruskan.

Mengingat resesi profesi ini, seharusnya jadi ladang bisnis buat kamu yang ini berganti karir. Apalagi sembari jadi Petani, kamu juga bisa menekuni beberapa Freelancer berikut.

Baca juga: Surat Suara PSU DPD Sumbar Dicetak pada 3 Percetakan, Surya: Kotak Suara Telah Didistribusikan

Pada artikel ini, Valora News akan menjelaskan 5 jenis freelancer atau pekerja lepas yang hanya bisa dilakukan petani. Baik di area perkotaan, apalagi di pedesaan. Baca sampai selesai ya!

5 Freelancer Bagi Petani

Seperti yang diketahui bahwa Freelancer adalah pekerja lepas, yang mana metode kerjanya bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun. Tidak ada batas waktu pengerjaan, begitu pula target terkait.

1. Konsultan Bisnis Pertanian

Freelancer pertama yang hanya bisa petani lakukan yaitu dengan jadi Konsultan Bisnis Pertanian, sangat cocok bagi kamu yang memang kuliah dan lulusan pada bidang tersebut seperti yang dilakukan oleh petani asal Jawa Tengah ini.

Baca juga: JEMBATAN GANTUNG Sikabu Munto Diperbaiki dengan Dana Desa Rp33,8 Juta

Ia dan istri yang berpendidikan, mengajak para pengusaha desa agar melakukan teknik Smart Farming yang tidak hanya membudidayakan bahan pangan. Tapi juga mengatur sistem keuangan, mempromosikan barang dan lainnya agar si petani tahu ilmu dan tidak gampang rugi.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: