Anugrah Parahita Ekapraya 2023, Gubernur: IPG dan IDG Sumut makin Membaik

Minggu, 12 November 2023, 12:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Anugrah Parahita Ekapraya 2023, Gubernur: IPG dan IDG Sumut makin Membaik
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin dan jajaran foto bersama dengan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender dalam kegiatan penilaian Anugrah Parahita Ekapraya di Medan, Jumat. (humas)

MEDAN (10/11/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menilai, meningkatnya IPG dan IDG di Sumut mengindikasikan bahwa peran perempuan sudah semakin baik di bidang ekonomi, politik, dan pengambilan keputusan.

Untuk Provinsi Sumut pembangunan pengarusutamaan gender (PUG) adalah salah satu prioritas pembangunan dalam mewujudkan misi ketiga, yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan mandiri.

"Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Sumut pada tahun 2022 tercatat 91,06%, meningkat dari sebelumnya 90,73% tahun 2021," ungkap Hassanudin di Medan, Jumat.

Hal itu dikatkannya saat memberi sambutan pada acara Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender Melalui Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Provinsi Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Baca juga: Dua Guru SMAN 7 Padang Ikuti Program Sekolah Bridge Australia-Indonesia

Dikatakan, indikator Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Sumut juga naik. Pada tahun 2022 IDG mencapai 69,33%, meningkat dari sebelumnya 67,79% tahun 2021.

"Mengapa kita perlu memperkuat kesetaraan gender? Karena dari berbagai pengalaman empirik membuktikan bahwa kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang dan dapat mengurangi kemiskinan," tegas Hassanudin.

Hassanudin meyakini, peran perempuan sangat vital dalam pembangunan suatu bangsa dan daerah. Maka itu pemerintah dengan kebijakan yang dimiliki, berupaya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada dalam pengarasutamaan gender.

"Pemprov Sumut akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dengan penguatan empat program," kata Hassanudin.

Baca juga: Potong 10 Sapi dan 3 Kambing: IIPG Partai Golkar Sumbar Masak 100 Kg Daging Qurban jadi Rendang

Pertama adalah penguatan penyelenggaraan PUG dalam proses perencanaan dan penganggaran melalui integrasi kebijakan dan anggaran yang responsif gender.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH