KI Pusat Salut pada Sumbar Mampu Gelar Pemeringkatan Keterbukaan

Selasa, 22 Desember 2015, 15:32 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
KI Pusat Salut pada Sumbar Mampu Gelar Pemeringkatan Keterbukaan
Pengumuman pemeringkatan keterbukaan informasi tingkat provinsi yang digelar KI Sumbar, Selasa (22/12/2015), juga menampilkan kesenian tradisional Minangkabau yakni tari penyambutan selamat datang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Komisi Informasi (KI) Republik Indonesia, Hamid Dipopramono mengaku salut dan kagum, dengan kiprah KI Sumbar.

"Baru berusia 14 bulan, KI Sumbar mampu berlari cepat. Mampu membuat penganugerahan sebagaimana kita hadiri hari ini," ujar Hamid, Selasa (22/12/2015) di Padang.

Saat ini ada 30 Komisi Informasi Provinsi di Indonesia, ungkap Hamid, belum banyak yang melakukan kegiatan seperti yang dilakukan Sumbar hari ini.

"Semua itu tentu tidak lepas dari dukungan pimpinan di provinsi. Kalau di Sumbar, kami tidak ragukan lagi komitmen gubernurnya terhadap Komisi Informasi dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya," ujar Hamid.

Baca juga: Sekda Agam Tandatangani Pakta Integritas Keterbukaan Informasi Publik

Pemeringkatan keterbukaan ini, menurut Hamid, merupakan kewenangan Komisi Informasi sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan UU No 14 Tahun 2008.

"Untuk 2016, Pemprov Sumbar harus jadi yang terbaik, karena apa dasar keterbukaan informasi itu sejak dulu ada di Sumbar. Sebut saja tokoh asal Sumbar yang terkenal ada Bung Hatta, M Yamin dan banyak yang lain di eranya keterbukaan informasi sudah ada, apalagi sekarang ada tokoh Sumbar di nasional seperti Pak Irman Gusman, Ketua DPD RI. Tahun ini Pemprov Sumbar belum masuk 10 besar, tahun depan harus bisa," ujarnya. (cr3)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: