5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!

Minggu, 05 November 2023, 19:48 WIB | Bisnis | Nasional
5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!
Ilustrasi Ide Usaha dengan Bisnis Pertanian & Peternakan bagi Anak Muda (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Rincian modal usahanya yaitu ia bisa memproduksi 50kg Toge seharu dengan akumulasi 7-8Kg Kacang Hijau, per kilo Kacang Hijau adalah Rp24.000. Maka, modal hariannya sekitar Rp24.000 x 7 = Rp168.000an dengan keuntungan Rp2 juta per hari dan bisa lebih besar jika puasa & lebaran.

Bagaimana tidak, dari 1Kg penjualan Toge bisa berikan laba bersih Rp40 ribu. Maka tentu saja jika penjualan per hari 50Kg, menjadi Rp40.000 * 50 = Rp2 juta dan akumulasi bulanannya mencapai angka Rp60 jutaan. Cukup fantastis, bukan?

Simak tips sukses budidaya Toge tersebut dengan baca artikel lain dari Valora News yang berjudul, "Anak SMP Juga Bisa Bisnis Usaha yang Untung Rp2 Juta Sehari Ini, Simak Rinciannya."

5. Selada Hydroponik

Terakhir, ide usaha dengan bisnis Selada Hydroponik ini bisa menguntungkan dengan pencapaian omset Rp20 juta sebulan seperti yang dilakukan oleh seorang petani asal Tasikmalaya yang bernama Regi Zamzam dengan usia 23 tahun.

Seperti yang diketahui, bahwa hampir semua jenis kuliner menempatkan selada sebagai sayuran mereka. Meski di awal ketika memulai, akan ada kendala berupa lahan. Tapi tenang saja karena jika telah menemukan pasar, semua bisa dilancarkan.

"Tips berbisnisnya sambil jalan yaitu dari belum nemu bibit dan nutrisi yang bagus sampai sukses hingga saat ini, meski ada beberapa kendala seperti perang sama hama & ulat serta ketakutan adanya perang harga dengan produk konvensional lain," kata Regi Zamzam.

"Ketika kemarau karena ada selada bokor dari konvensional yang banting harga jauh lebih murah, untungnya kita punya kelebihan yaitu konvensional ada getah. Sementra hydroponik mah manis karena dijual sama busa nya agar tidak layu," jelasnya.

Kisah sukses terkait budidaya selada Hydroponik yang cocok dikembangkan di pedesaan tersebut dapat kamu ketahui ulasan lengkapnya dengan baca artikel Valora News lain dengan judul, "Rekomendasi Bisnis Usaha Hydroponik Bagi Warga Desa, Omset Rp20 Juta Sebulan."

Itulah 5 ide usaha pada bidang pertanian yang bisa anak muda pedesaan coba supaya sukses, barangkali dapat membuat lapangan pekerjaan baru karena banyak bidang yang sudah dimudahkan oleh AI hingga tenaga kerja manusia akan terancam dikurangi. (*)

Halaman:
1 2 3 4
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: