Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis Jangka Panjang, Simak Ide Usahanya!

Senin, 23 Oktober 2023, 19:05 WIB | Bisnis | Nasional
Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis Jangka Panjang, Simak Ide Usahanya!
Ilustrasi Ide Usaha Pertanian untuk Bisnis Masa Depan (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Latar belakangnya cuma 1 yaitu melihat banyak petani yang pintar mengolah usaha, tapi tidak pandai berbisnis. Hal ini menjadikan mereka tidak sejahtera, lantaran memilih pekerjaan lain yang lebih menghasilkan.

"Kami ingin mengedukasi para Petani dan mengubah pandangan terkait pertanian yang bisa sangat menguntungkan dengan membentuk Smart Farmer agar berdistribusi dalam metode Smart Farming," ujar Ella Rizki Farihatul Maftuhah kepada Youtuber Pecah Telur.

"Sehingga mereka bisa mengolah teknologi, menciptakan produk menjadi yang diterima oleh pasar dan menginovasi apa yang ditanamnya lebih baik dari tahun ke tahun. Sehingga masalah bisa produksi dan kemampuan menguasai pasar dapat teratasi," jelasnya.

Baca juga: DINAS PERTANIAN Pessel Gelar Sekolah Lapang Pengembangan Elisitor

Tips Berbisnis Smart Farmer agar Menjadi Smart Farming

Smart Farmer adalah petani cerdas yang menghasilkan produk berupa Smart Farming dengan tujuan menghasilkan keuntungan, nah ada beberapa poin untuk dilakukan dalam melatarbelakanginya.

Pertama, harus membentuk mental bisnis agar bisa menghadapi rugi dan untung atau pun kegagalan sekali pun. "Mental yang kuat bisa terbentuk dari komitmen & motivasi yang kita buat sendiri," ujar Rayndra Syahdan Mahmudin.

Kedua menurutnya, agar membentuk mental, dibutuhkan kemampuan berjualan. Sehingga, tujuan berupa Kiat Bertani Agar Mampu Memenangkan Pasar sebagai niat awal tadi dapat terwujud. Berikut satu per satu tahapannya:

1. Ketahui keunggulan produk dari kompetitor, sehingga petani yang menawarkan ke pasar tidak kebingungan terkait penjualan yang harus dilakukan untuk peroleh keuntungan.

2. Buat tagline atau pun filosofi yang berisi keyakinan bahwa mengonsumsi produk tersebut, tidak menyebabkan bahaya atau bahkan malah memberi banyak manfaat agar dikonsumsi langsung.

3. Ketika sudah memiliki nilai tersebut, diharapkan para petani berani dapat percaya diri terhadap produk mereka. Sehingga, berani menawarkan ke luar negeri sekali pun.

Jenis Usaha Pertanian Golden Nyra

Jadi, pasangan suami istri Rayndra Syahdan Mahmudin dan Ella Rizki Farihatul Maftuhah ini menjual brand bernama Golden Nyra dengan produk Gula Semut yang awet berupa bubuk dan Madu vegan dari Bunga Kelapa, pasarnya yaitu orang luar negeri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: