Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis Jangka Panjang, Simak Ide Usahanya!

Senin, 23 Oktober 2023, 19:05 WIB | Bisnis | Nasional
Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis Jangka Panjang, Simak Ide Usahanya!
Ilustrasi Ide Usaha Pertanian untuk Bisnis Masa Depan (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PEMERINTAHAN Indonesia sedang gencar-gencarnya mengajak anak muda untu mempersiapakan masa depan, dengan buka lahan pertanian.

Intruksi tersebut tidak hanya sekedar saran atau pun gertakan semata karena merupakan sebuah inovasi baru, sebab ladang bisnisnya akan sangat menguntungkan.

Bagaimana tidak? Dari banyaknya jumlah sarjana lulusan universitas, semuanya berbondong untuk kerja kantoran. Apalagi zaman serba AI, menjadi tantangan tersendiri.

Katanya AI (Artificial Intelegent) bisa menggantikan tugas manusia, kan? Bahkan sebelum maksimal saja penggunaannya di Indonesia, sudah banyak orang terdampak lay off (diberhentikan).

Baca juga: DINAS PERTANIAN Pessel dan Jasindo Survey Keltan Klaim AUTP

Mengusung dari latar belakang tersebut, kenapa kamu tidak mencoba melakukan ide usaha dengan teknik Smart Farming (petani cerdas) demi masa depan bisnis jangka panjang? Berikut ide usahanya.

Mengenal Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis

Melansir dari kisah sukses para suami istri di Jawa Tengah yang sudah memulai usaha pada bidang pertanian, tentu saja mereka seperti latar belakang pengusaha pada umumnya, dengan banyak kegagalan sampai bisa sukses.

Dari awal membuka usaha sejak kelas 3 SMK dengan bantuan modal dari gurunya hingga memulai pada 2 tahun pertama dan mendapat tantangan terkait pemakaian lahan hingga saat ini sukses mengedukasi orang banyak.

Awalnya setahun dua tahun, menyewa. Alhamdulillah, sekarang sudah punya investasi di lahan setelah bertemu istri yang punya banyak lahan dan bisa digunakan untuk usaha.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Gelar Sekolah Lapang Pola Bertani Biaya Murah

Dalam ceritanya, Rayndra Syahdan Mahmudin dan sang istri Ella Rizki Farihatul Maftuhah, tidak hanya sukses dalam usaha peternakannya. Tapi, juga menjadi tutor dari para petani di desanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: