Tanpa Skill Khusus, Freelancer bisa Bergaji 2 Digit! Wajib Tahu Tips Ampuh Ini

Minggu, 08 Oktober 2023, 14:20 WIB | Bisnis | Nasional
Tanpa Skill Khusus, Freelancer bisa Bergaji 2 Digit! Wajib Tahu Tips Ampuh Ini
Ilustrasi Tips Freelance Bagi Pemula yang Minim Skill (foto: Canva)

SIAPA sih yang tidak mau kerja dari rumah, tapi gaji 2 digit? Tentu saja menggiurkan. Salah satu bidang yang bisa kamu geluti yaitu Freelancer.

Tapi, bidang tersebut akan cukup sulit dilakukan bagi pemula yang belum punya skill atau kemampuan khusus. Maka dari itu, ketahui beberapa tips berikut.

Pada artikel ini, ValoraNews akan menjelaskan beberapa poin yang harus freelancer (pekerja lepas) ketahui. Terutama bagi pemula dan belum punya skill.

Tips Dapat Klien Pertama Sebagai Freelancer

Sebagai pemula, kamu memang harus mempersiapkan beberapa hal seperti modal internet stabil dan laptop mumpuni serta ponsel fungsional hingga rekening bank untuk transfer.

Baca juga: 4 Tips Sukses sebagai Pekerja Freelance, Dapat Klien yang Lebih Banyak

Nah, terkait bidang pekerjaan yang kamu coba bisa jadi admin FP, tukang jepret foto lalu upload, tukang edit gambar, tukang edit foto, tukang terjemahin, tukang proof read dan sejenisnya.

Saran dari pengguna Qoura Aicha Mahavikri, jika membutuhkan laptop baru yang harganya di atas Rp 15 juta, belilah untuk mendukung jenis freelance yang kamu kerjakan. Kalau perli, pakai kacamata anti blue light.

Berikutnya, usahakan olahraga minimal 30 menit dalam sehari agar tetap waras dan tidak stres bekerja. Sehingga, kamu bisa menerapkan prinsip 5D: Diam Dapat Duit Dua Dijit sambil rebahan di rumah saja.

Kedua, rajin upload portfolio berupa hasil kerjamu di sosmed seperti Facebook atau pun Instagram dengan metode profesional. "Jadikan tampilan medsosmu profesional agar orang lebih yakin bahwa kamu ada interaksi bisnis," tulis Aicha Mahavikri di Qoura.

Baca juga: 4 Tips Bekerja Sebagai Freelancer Bagi Si Paling Produktif, Gajian Berlipat Ganda?

Ketiga, perluas jaringan klien mu dengan sebar jaring yang banyak di dalam dan luar negeri. Pasang muka tembok kalo lagi pasang jaring. Gengsi ga akan ngasih makan, Embat semua kerjaan yang kamu bisa kerjain. Tapi inget deadline, perhatikan etika.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: