4 Tips Sukses sebagai Pekerja Freelance, Dapat Klien yang Lebih Banyak

Selasa, 05 September 2023, 19:10 WIB | Bisnis | Nasional
4 Tips Sukses sebagai Pekerja Freelance, Dapat Klien yang Lebih Banyak
Ilustrasi Tips Cepat Dapat Klien Freelancer (foto: Visualist/Canva)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

BAGI kamu yang sedang menekuni aktivitas freelancer, baik online maupun offline, pastinya pernah mengalami kendala kesusahan mencari klien.

Kendala tersebut akan selalu dihadapi oleh semua orang, meskipun mereka sudah punya banyak portfolio dengan rating peringkat tinggi sekalipun.

Karena itu lah, Youtuber Agusleo Halim membagikan metode agar kamu para freelancer bisa memperoleh banyak klien dengan runtut waktu berkesinambungan.

Salah satunya, kamu bisa coba berikan 10 sampel gratis dulu pada klien pertama seperti yang dijabarkan Youtuber Rio Purba. Dari sana, kamu bisa dapatkan portfolio.

Nah, portfolio ini nantinya bisa kamu lampirkan sebagai gambaran untuk mendapatkan klien lain pada project lainnya. Untuk mengetahui tips lain, baca artikel Valora ini sampai selesai ya.

Cara Freelancer Dapat Klien

1. Cek Sirkel

Menurut Youtuber Agusleo, kamu bisa mencoba 2 cara untuk dapatkan klien yaitu Inbound dan Outbound. Inbound adalah tawaran klien yang meminta bantuan kita, sementara Outbound yaitu kita yang mencari sendiri.

Nah, kamu bisa cek sirkel di lingkunganmu. Kira-kira, mana potensi yang dapat memberimu klien atau pun mendatangkan klien. Kamu bisa mencoba mengembangkan relasi, seluas mungkin.

Bisa juga dengan membuat akun LinkedIn dan menghubungkan koneksi pada berbagai orang yang memiliki latar belakang sama, kamu cari saja koneksi terkait kesamaan pekerjaan dan lainnya.

2. Niche

Sebelum mulai menanyakan kesempatan freelancer pada orang sekitar, kamu harus mengetahui niche atau apa jualanmu. Misalnya kamu mahir sebagai content writer, maka ketahui lah jenis tulisan apa yang kamu kuasai.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: