26 Persen Zakat di Baznas Riau Dialokasikan untuk Dunia Pendidikan, Ini Rincian Penggunaannya

Sabtu, 07 Oktober 2023, 08:30 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Riau
26 Persen Zakat di Baznas Riau Dialokasikan untuk Dunia Pendidikan, Ini Rincian...
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau, Masriadi Hasan.

PEKANBARU (6/10/2023) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau, Masriadi Hasan mengungkapkan, telah digelontorkan dana sebesar Rp10,73 miliar lebih untuk program Riau Cerdas periode Januari-September 2023.

Selain itu, Baznas Riau juga telah menyerahkan bantuan pendidikan untuk tiga pondok pesantren di bumi lancang kuning ini senilai Rp5,6 miliar.

"Tiga pesantren tersebut yakni Pondok Pesantren Baznas yang ada di Pulau Mendul, Pulau Rupat dan Pulau Rangsang," kata Masriadi Hasan pada acara penyerahan bantuan pendidikan Baznas Riau untuk Mahasiswa S1 Luar Negeri dan Berprestasi di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat.

Kemudian, juga ada bantuan beasiswa pendidikan bagi 208 mahasiswa dengan dana yang disalurkan berjumlah Rp2,4 miliar.

Baca juga: Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan Senilai Rp2,6 Miliar

Bantuan utang pendidikan SLTA/sederajat kepada 520 siswa sebesar Rp787 juta, bantuan utang pendidikan perguruan tinggi sebesar Rp842,8 juta kepada 327 mahasiswa.

Ada juga program bantuan penelitian Ziswaf Rp111 juta bagi 19 mahasiswa, Sekolah Cendekia Baznas Rp95,5 juga kepada 27 siswa, bantuan pendidikan luar negeri Rp756 juta untuk 100 mahasiswa.

"Kita juga ada bantuan pendidikan S2 dengan jumlah penyaluran Rp40 juta bagi 8 mahasiswa dan bantuan pendidikan S3 untuk 14 mahasiswa dengan jumlah penyaluran Rp98 juta," imbuhnya.

Dikatan, bantuan pendidikan yang disalurkan tersebut merupakan 26 persen dari seluruh zakat yang dikumpulkan pada tahun 2023 ini.

Artinya, Baznas Provinsi Riau memiliki perhatian besar terhadap pendidikan di Provinsi Riau.

"Dari bantuan ini, terselip harapan besar kita kepada anak-anak dan mahasiswa yang merupakan sumber daya manusia di Provinsi Riau, mendapatkan kesempatan belajar yang sangat baik," harapnya.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: