Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan Senilai Rp2,6 Miliar

Jumat, 22 September 2023, 22:01 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan Senilai Rp2,6 Miliar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra secara simbolis serahkan bantuan pendidikan dari Baznas Tanah Datar pada pelajar SD dan SLTP se-Tanah Datar, Jumat. (irfan taufik)

TANAH DATAR (22/9/2023) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, menyalurkan bantuan pendidikan kepada 6.000 pelajar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Tanah Datar senilai Rp2,6 miliar.

"Setiap siswa SD/MI menerima bantuan pendidikan sebesar Rp400.000 dan siswa SMP/MTs sebesar Rp500.000," kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra, di Batusangkar, Jumat.

Bupati mengatakan bantuan pendidikan yang berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Tanah Datar adalah bentuk kepedulian Pemkab dalam mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

"Bantuan ini bentuk kepedulian antar sesama, yang hadir untuk mendukung terwujudnya SDM unggul dan berkualitas," ucap Eka.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Padang, Progres Hari Keempat Capai 60 Persen

Sementara itu, Ketua Baznas Tanah Datar, Yasmansyah mengatakan, penerima bantuan pendidikan ini itentukan dari sekolahnya masing-masing. Pada saat itu, diserahkan bantuan pendidikan secara simbolis kepada 77 pelajar SMP, 44 pelajar MTs dan 3 pelajar SD.

"Kita mempercayakan kepada pihak sekolah untuk menentukan anak-anak yang dianggap berhak menerima bantuan pendidikan ini dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," ucap Yasmansyah.

Ia menyebut bantuan biaya pendidikan tersebut, sebagian besar bersumber dari zakat ASN dilingkup Dinas Pendidikan Tanah Datar.

"Berbagai program Baznas Tanah Datar telah disikronkan dengan program Pemkab Tanah Datar. Ini salah satunya, melalui zakat dari ASN, telah disalurkan biaya pendidikan untuk mendukung kelancaran pendidikan generasi penerus Luhak Nan Tuo," kata Yasmansyah. (*)

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024, KPU Padang Targetkan Tuntas H-1 Pencoblosan pada 2.681 TPS

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: