Deklarasi Pemilu Damai Sumut, Hassanudin: Langkah Preventif Perlu Disusun

Jumat, 29 September 2023, 08:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Deklarasi Pemilu Damai Sumut, Hassanudin: Langkah Preventif Perlu Disusun
Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin didampingi Forkopimda dan perwakilan pimpinan partai politik, bacakan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024 di Medan, Rabu. (humas)

MEDAN (27/9/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyebut, diperlukan perhatian, usaha dan kerja keras semua pihak, agar pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan asas sebagai prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

"Kita perlu mengambil langkah-langkah preventif dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta stabilitas suhu perpolitikan Sumatera Utara. Suksesnya Pemilu tahun 2024 ditentukan beberapa faktor. Salah satunya adalah terkait kesiapan pendanaan oleh pemerintah daerah," jelas Hassanudin di Medan, Rabu.

Hal itu dikatakan Hassanudin pada acara Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024.

Hadir di antaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kajati Sumutm Idianto, Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Jawari serta Forkopimda lainnya.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Juga hadir para bakal calon anggota DPD RI dari Sumatera Utara, Ketua Partai Politik tingkat provinsi, Komisioner KPU dan Bawaslu Sumut hingga seluruh bupati/walikota se-Sumut.

Dikatakan Hasanudin, Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 sebagai agenda pesta demokrasi terbesar dan pertama kali dilaksanakan. Karenanya, potensi kerawanan serta upaya kerja keras semua pihak menyukseskannya menjadi catatan penting.

Pemilu 2024 disebut sebagai yang terbesar, terang dia, mengingat selain memilih calon anggota DPD RI, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pilpres di saat bersamaan, juga akan berlangsung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia di tahun yang sama. Hanya beberapa bulan setelah pencoblosan di Pemilu Pileg dan Pilpres.

"Dalam pelaksanaannya akan, menghadapi berbagai potensi permasalahan atau kerawanan, mulai dari persiapan kebutuhan/anggaran, data pemilih, distribusi logistik Pemilu, kapasitas dan beban kerja petugas, sampai dengan penetapan calon terpilih," ujar Hassanudin didampingi Kaban Kesbangpol Sumut, Ardan Noor, Kadis Kominfo Sumut,Ilyas Sitorus dan lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Dengan upaya dan kerja keras bersama mengantisipasi potensi permasalahan, lanjut Hassanudin, Pemilu 2024 akan jadi pesta demokrasi yang demokratis.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: