Realisasi Kegiatan Diskominfo Agam 66,25 Persen hingga Triwulan III Tahun 2023

Rabu, 27 September 2023, 06:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Realisasi Kegiatan Diskominfo Agam 66,25 Persen hingga Triwulan III Tahun 2023
Kantor Dinas Kominfo Agam.

AGAM (25/9/2023) - Hingga bulan September 2023, pelaksanaan kegiatan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Agam mencapai 66,25% dengan realisasi keuangan sebesar 53,11% hingga triwulan ketiga tahun 2023.

Sementara, alokasi anggaran yang tersedia pada tahun anggaran 2023 sebesar Rp6,2 miliar. Pada triwulan keempat ini, realisasi kegiatan dan anggaran, diharapkan mencapai 100 persen.

"Saat ini, kita lagi menunggu pengesahan perubahan APBD Agam 2023. Kita berharap, pengesahannya bisa segera sehingga kita dapat menuntaskan kegiatan pada tahun 2023 ini dengan hasil 100 persen," ungkap Rahmad di Lubuk Basung, Senin.

Dikatakan Rahmad, Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan salah OPD penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) melalui retribusi pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Sosialisasikan Literasi Keamanan Digital ke OPD

"Untuk tahun 2023, kita targetkan PAD dari retribusi pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi sebesar Rp691 juta," ungkap Rahmad.

Dikatakan, alokasi anggaran itu merupakan dana alokasi umum yang tertuang dalam APBD Agam 2023, dengan penggunaan untuk mendukung kegiatan-kegiatan OPD dalam membangun aplikasi dalam menjalankan fungsi sistem pemerintahan berbasis elektronik Pemkab Agam.

"Dalam menjalankan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), OPD ini juga diberi kewewenangan untuk mendukung OPD lain dalam membangun aplikasi elektronik dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan pada masyarakat," ungkap Rahmad.

Selain itu, Dinas Kominfo Agam juga menjalankan program penyelenggaraan informasi dan komunikasi publik Pemerintah Daerah yang mengacu pada Permen Kominfo No 8 Tahun 2019 dalam pemberitaan serta publikasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Baca juga: MTQ Nasional XLI Agam, Dinas Kominfo Sediakan Peta Lokasi Pelaksanaan dan Pemondokan

"Untuk menyampaikan informasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, kita bekerja sama dengan media cetak online dan elektronik dengan 33 media di tahun 2023 ini," tuturnya.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: