Dasyat! Ide Usaha Ini Sebulan Hasilkan Cuan Rp120 Juta, Ternyata Ini Tipsnya

Senin, 18 September 2023, 17:25 WIB | Bisnis | Nasional
Dasyat! Ide Usaha Ini Sebulan Hasilkan Cuan Rp120 Juta, Ternyata Ini Tipsnya
Ilustrasi ide usaha di desa bisa cuan Rp120 juta sebulan. (Foto: Canva/Pinterest)

Kamu harus tahu kalau varietas ubi jalar dengan produktivitas tertinggi adalah varietas kalasan. Di mana varietas ini dapat dipanen pada umur 3-4 bulan dengan produksi rata-rata 40 ton per hektar.

2. Penyiapan Lahan

Lahan untuk budidaya ubi jalar harus diolah secara sempurna dan dibersihkan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya. Selanjutnya buat gulutan tunggal dengan lebar antara 50 hingga 60cm, dengan ketinggian 40 hingga 50cm.

Lalu dengan jarak antar gulutan itu sekitar 80 hingga 100cm. Pada lahan miring pembuatan Bubutan harus memperhatikan kontur lahan.

Kamu harus tahu kalau lahan terbaik adalah pada tanah sawah setelah tanaman padi dipanen. Tepatnya pada awal atau pertengahan musim kemarau.

Sedangkan pada lahan kering penanaman ubi jalar yang tepat pada awal atau pertengahan musim hujan.

3. Proses Penanaman

Sebelum bibit ditanam sebaiknya lakukan pengurangan daun. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan, pada bibit tanaman yang baru ditanam.

Kemudian bibit atau stek ditanam dengan posisi datar maupun miring 2 hingga 3 ruas, atau sedalam 5 hingga 10 cm. Jarak tanam ideal agar umbi dapat berkembang optimal yaitu sekitar 25-30 cm.

Selanjutnya penyiraman dilakukan hingga tanaman ubi jalar berumur 30 hari setelah tanam, sambil memantau kondisi tanaman dan mengendalikan gulma yang muncul.

Apabila ada bibit yang mati, maka proses penyulaman dilakukan sesegera mungkin maksimum 2 minggu setelah tanam.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: