Kisah Sukses Pedagang Burung Finch, Lunasi Hutang Milyaran Rupiah! Ini Tipsnya

Rabu, 30 Agustus 2023, 19:00 WIB | Bisnis | Nasional
Kisah Sukses Pedagang Burung Finch, Lunasi Hutang Milyaran Rupiah! Ini Tipsnya
Ilustrasi kisah sukses pengusaha burung finch lunasi hutang milyaran. (Foto: channel Youtube CapCapung/Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Saking mirisnya modal Bimo saat itu, ia bahkan sempat berhutang ke toko burung untuk membeli pakan burungnya. Sehingga istrinya pun sudah menyarankan untuk mencari pekerjaan lain, bahkan orangtuanya pun juga ikut menyarankannya.

"Ya karena enggak ada perkembangan itu tadi mereka jadi kasian, terus suruh cari kerja lain aja. Tapi saya tetep kekeh dan teguh mau lanjutin usaha ini," ujarnya.

Bimo pun terus mempelajari usahanya lebih dalam, hingga perlahan usahanya pun berhasil memberikan masukan keungan dalam keluarganya. Perlahan perekonomian keluarnya pun membaik satu persatu hutangnya pun lunas.

Baca juga: Rugi Ratusan Juta Karna Ayam Mati!? Tips Usaha: Begini Cara Mengenali Penyakit Ayam Broiler

Bahkan saat ini jumlah burung yang dijual terus bertambah, yang mana sekarang sudah ada sebanyak 500-600 ekor burung finch. Ia juga menyampaikan untuk memlihara burung finch itu sangat murah.

Hanya dengan Rp200 ribu saja sudah bisa dapat sepasang burung finch, "Indonesia itu salah satu negara dengan jenis burung finch terkaya di dunia. Saking banyaknya belum semuanya bisa digarap optimal," tambahnya.

Harga jual burung finch milik Bimo pun beragam macam, ada yang Rp25-500 ribu tergantung jenis finch yang dibeli. Bahkan ada juga burung finch yang dibandrol harga jutaan.

Tips Merawat Burung Finch

Baiknya lagi Bimo juga membagikan apa saja kendala yang mungkin akan dihadapi oleh pengusaha burung finch. Kendala yang sering terjadi dan harus diperhatikan itu adalah cuaca.

Jika kamu tidak mempelajari hal itu dengan baik, itu akan langsung mempengaruhi suhu ruangan. Di mana untuk beternak finch itu kandangnya harus berada di ruangan yang suhunya segar, cukup hangat, dan tidak terlalu dingin.

Karena kalau ruangan lembab, itu akan mudah menumbuhkan bakteri dan berdampak buruk pada burung finchnya. Di mana burungnya akan sakit diare, berkutu dan lain semacamnya.

Kalau bisa pastikan kamu selalu rutin memberi ruangan disinfektan, saat mencuci kandang upayakan dicuci dengan disinfektan. lalu ganti kandang dengan yang bersih.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: