16 Peserta Ikuti Lomba Bercerita Tingkat SD/ MI se-Kabupaten Pasaman Barat

Selasa, 15 Agustus 2023, 18:30 WIB | Gaya Hidup | Kab. Pasaman Barat
16 Peserta Ikuti Lomba Bercerita Tingkat SD/ MI se-Kabupaten Pasaman Barat
Staf Ahli Bupati Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial, Adrianto didampingi Ketua TP PKK Pasbar, Titi Hamsuardi foto bersama dengan panitia Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan,

PASAMAN BARAT (15/8/2023) - Staf Ahli Bupati Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial, Adrianto mengatakan, untuk menumbuh kembangkan gemar membaca anak sejak dini, dapat dibentuk melalui pola pendidikan baik secara formal maupun non formal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga dan sekolah.

"Menumbuh kembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti mendongeng, bercerita dan sejenisnya. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran atau menumbuhkan minat baca anak-anak," kata Adrianto di Simpang Empat, Selasa.

Hal itu dikatakan Ardianto saat mewakili bupati Pasaman Barat membuka Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Adrianto berharap, kegiatan seperti ini tetap berlanjut sehingga dapat meningkatkan motivasi masyarakat terutama anak-anak di kalangan pelajar yang saat ini tampil pada tingkat Sekolah Dasar.

Baca juga: Hardianto Pimpin Diskusi Renstra dan Penjadwalan Kegiatan Dewan bersama Bamus DPRD Sumbar

"Kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi bupati dalam menjadikan Pasbar yang maju, bermartabat dan sejahtera dengan membangun SDM yang berkualitas dan berdaya saing sehingga kedepan semakin menguatkan jati diri dan karakter sebagai masyarakat Pasaman Barat," ungkap Adrianto.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Pepi Sandra menjelaskan, lomba ini ditujukan untuk meningkatkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk meningkatkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan berkarakter serta rasa persatuan dan kesatuan.

Kemudian, untuk menumbuh kembangkan budaya gemar membaca pada pelajar akan buku sastra dan seni yang dapat menumbuhkan jiwa seni terhadap pelajar dan dapat menyalurkan bakat dan hobi serta untuk memukul percaya diri dalam menciptakan mental pelajar supaya tampil dalam berbagi kegiatan.

"Pada lomba kali ini adapun jumlah peserta yang terlibat dalam lomba sebanyak 16 peserta dengan fasilitas atau hadiah," ungkap Ardianto yang didampingi Ketua TP PKK Pasbar, Titi Hamsuardi.

Baca juga: DPRD Riau Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang II, Ini Kinerja yang Dihasilkan

Juara I hadiahnya sebesar Rp1,25 juta + Tropy + Sertifikat + Piagam Penghargaan.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: