Ka Mabigus SD dan SMP se-Pasbar Ikuti Kursus Orientasi Pramuka

Sabtu, 24 Agustus 2024, 07:57 WIB | Gaya Hidup | Kab. Pasaman Barat
Ka Mabigus SD dan SMP se-Pasbar Ikuti Kursus Orientasi Pramuka
Peserta Kursus Orientasi Pramuka yang diikuti Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman Barat di aula kantor bupati, Rabu. (robi irwan)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PASDBAR (21/8/2024) - Kwartir Cabang (Kwarcab) 0317 Gerakan Pramuka Pasaman Barat gelar Kursus Orientasi Pramuka bagi Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman Barat.

"Kegiatan orientasi ini sebagai upaya memberikan pemahaman yang komprehensif pada para Ka Mabigus yang sebagian besar adalah kepala sekolah, tentang gerakan Pramuka," ungkap Ketua Kwarcab 0317 Pramuka Pasbar, Risnawanto di aula kantor bupati, Rabu.

Dikatkaan, tujuan utama orientasi ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas kepada kakak-kakak Ka Mabigus, mengenai gerakan Pramuka dan pendidikan kepramukaan. Sehingga, mereka dapat mengerti dan menjalankan peran dengan lebih baik.

Ia mengharapkan, setelah mengikuti orientasi ini, setiap gugus depan yang berada di bawah binaan Ka Mabigus dapat lebih aktif dan berkembang.

Baca juga: Pasbar hanya Terima 4 Nakes di Rekrutmen PPPK Tahun 2024

"Kepala sekolah harus memastikan bahwa pelaksanaan pembinaan Pramuka di sekolahnya berjalan sesuai dengan ketentuan," jelas Risnawanto yang juga wakil bupati Pasbar.

Risnawanto menegaskan, para Ka Mabigus harus memastikan bahwa pembina Pramuka di gugusdepan mereka telah memenuhi kualifikasi sebagai pembina, yaitu minimal telah mengikuti Kursus Mahir Dasar.

"Ketika kakak-kakak pembina di gugusdepan belum menempuh kursus mahir dasar tadi, maka bisa dipastikan materi pengetahuan yang disampaikan tidaklah akan seusai dengan program yang semestinya atau berdasarkan syarat kecakapan umum, di masing-masing satuan," katanya.

Ia menekankan, Ka Mabigus merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan pengurus Kwartir Cabang dalam menyampaikan informasi dan kebijakan kepada para pembina di gugusdepan masing-masing.

Baca juga: 2946 Peserta Ikuti Gebyar PAUD, Ini Harapan Hamsuardi

"Atas dasar itulah, hari ini kita berkumpul dan berdiskusi bersama untuk membahas bagaimana agar Pramuka di Pasaman Barat ini ke depannya dapat lebih baik lagi," kata Risnawanto. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: