Gubernur Evaluasi Kesiapan Panitia WIES 2023, Mahyeldi: Pastikan Ada Dampak Positif untuk Industri Halal Lokal

Minggu, 13 Agustus 2023, 11:00 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Evaluasi Kesiapan Panitia WIES 2023, Mahyeldi: Pastikan Ada Dampak Positif untuk...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memimpin rapat dengan panitia daerah World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) di gubernuran, Jumat malam (11/8/2023). (prokopim)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (13/8/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi berharap, World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) bisa jadi akselerator pengembangan industri halal terutamaa di lokal Ranah Minang.

"Jangan sampai kegiatan berskala internasional ini, minim dampak positif bagi daerah. Ini mesti disiasati panitia," ungkap Mahyeldi saat memberikan arahan pada panitia daerah di gubernuran, Jumat malam (11/8/2023).

Menurut Mahyeldi, panitia dalam merancang kegiatan, wajib mengakomodir kebutuhan daerah. Karena, WIES membuka kesempatan agar industri halal lokal Sumbar berkembang lebih besar.

"Tekad UMKM lokal untuk jadi pusat industri halal Indonesia, harus kita dukung. Salah satunya melalui membantu perluasan jaringan dan pasar mereka, melalui WIES peluang itu terbuka," tegas Mahyeldi.

Baca juga: Bappeda Gelar Rapat FS Industri Halal, Mahyeldi: Akan Dimuat dalam RPJPD dan RPJMD Sumbar

Ketua Pelaksana WIES 2023, Sari Lenggogeni mengatakan, salah satu manfaat diselenggarakannya WIES di daerah ini adalah Sumbar akan tercatat sebagai daerah inisiator lahirnya Forum Pusat Pengusaha Islam Dunia.

Menurutnya, itu akan mempertegas posisi Sumbar dalam pasar halal dunia.

"WIES adalah event perdana dari para pelaku usaha muslim dunia yang diprediksi akan banyak melahirkan terobosan besar, Sumbar harus mendapat manfaat dari sini," harap Sari Lenggogeni.

Sari Lenggogeni yang juga merupakan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar juga melaporkan, banyak pihak yang telah mengonfirmasi kehadiran.

Baca juga: Bangun Ekosistem Industri Halal, KDEKS Sumbar Jalin Kerjasama Riset dengan BRIN dan PT XREI

Jumlahnya 10 negara di antaranya dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kuwait. Kemudian juga ada dari Spanyol, Filipina serta Singapura dan Chili serta Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: