Survei Simulasi 3 Capres SBLF Myriset di Sumbar, Anies 50,5%, Prabowo 34,66%, Ganjar 5,86%

Jumat, 04 Agustus 2023, 20:08 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Survei Simulasi 3 Capres SBLF Myriset di Sumbar, Anies 50,5%, Prabowo 34,66%, Ganjar 5,86%
Direktur SBLF Myriset, Edo Andrefson.

PADANG (4/8/2023) - Lembaga SBLF Myriset Konsultan Indonesia, merilis elektabilitas presiden Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Barat. Dalam simulasi tiga orang nama, elektabilitas Anies dipilih lebih dari setengah penduduk Sumatera Barat, 50,5%.

Disusul, Prabowo Subianto dengan elektabilitas 34,66% dan Ganjar Pranowo 5,86% dengan angka tidak tahu/tidak menjawab sebesar 8,98%.

Survei tentang karakter pemilih dan pilihan masyarakat Sumatera Barat ini, samplingnya sebanyak 800 responden. Waktu pengambilan datanya pada 28 Mei 2023 hingga 2 Juni 2023 dengan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka.

Infografis
Infografis

Sementara, margin of error +/- 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

Menurut Direktur SBLF Myriset, Edo Andrefson, risetnya menemukan sejumlah faktor yang membuat munculnya tren elektabilitas ketiga bakal Capres tersebut di Sumatera Barat.

"Untuk Anies Baswedan, karena faktor bakal calon presiden RI pertama yang dideklarasikan koalisi perubahan (Nasdem, PKS & Demokrat) pada 3 Oktober 2022. Ini membuat Anies lebih awal dikenalkan partai pengusung, di setiap daerah se Indonesia," ungkap Edo.

Selepas Anies mengakhiri jabatan sebagai gubernur DKI Jakarta, terang Edo, Anies dinilai punya waktu yang lebih banyak melakukan safari politik ke beberapa provinsi di Indonesia.

"Anies sebagai mantan gubernur DKI Jakarta jadi sorotan banyak mata, terhadap kinerja pembangunan dan pendekatan yang humanis yang telah dilakukannya selama memimpin masyarakat Jakarta," ungkap Edo.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Tuduhan Ijazah Palsu Terbantahkan, It Arman Wajib Lepas dari Segala Tuntutan

Secara sosio kultural, ungkap Edo, masyarakat Sumatera Barat yang berlandaskan ABS-SBK, tentunya lebih cenderung pada pemimpin yang berwawasan dan religius.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: