4 Dosen UNU Sumbar Gelar PkM di Ponpes MTI Batang Kabung, Ini Materi yang Disampaikan

Jumat, 04 Agustus 2023, 17:01 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
4 Dosen UNU Sumbar Gelar PkM di Ponpes MTI Batang Kabung, Ini Materi yang Disampaikan
Ketua Tim PkM UNU Sumbar, Firdaus bersama Rifka Zuwanda (Prodi Ilmu Hukum), Mayuasti (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Fadli Setiawan (Prodi Ekonomi Islam) foto bersama dengan santri Ponpes MTI Batang Kabung. (istimewa)

PADANG (4/8/2023) - Empat orang dosen Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat, gelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Pondok Pesantren MTI Batang Kabung, Padang.

"Sebanyak 65 orang santri mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA, mengikuti serangkaian kegiatan PkM yang dielar selama dua hari, tanggal 10-11 Juni 2023," ungkap Ketua Tim PkM UNU Sumbar, Firdaus dalam pernyataan tertulis, Jumat.

PkM ini mengangkat tema "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Pasca Covid19 Terhadap Santri Melalui Penyuluhan Hukum, Motivasi Belajar dan Sadar Wirausaha."

Bersama Firdaus dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, PkM ini beranggotakan Rifka Zuwanda (Prodi Ilmu Hukum), Mayuasti (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Fadli Setiawan (Prodi Ekonomi Islam).

Baca juga: Ketua PKB Sumbar Ungkapkan Terima Kasih Gus Muhaimin, Orang Minang Tak Terbeli

Dengan PkM ini, ungkap Firdaus, santri dan sivitas akademika Ponpes MTI Batang Kabung bisa menyadari pentingnya untuk memotivasi diri, agar tingkat pencapaian pembelajaran meningkat, semakin taat akan peraturan hukum yang berlaku dan kreatif dalam melihat peluang usaha dalam menumbuhkan jiwa enterpreneur sejak dini.

"Dengan PkM ini, diharapkan santri memiliki motivasi yang tinggi dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kesadaran santri agar taat hukum," terangnya.

"PkM ini juga diharapkan bisa memotivasi dan menumbuhkan jiwa enterpreneur santri, agar memiliki kreatifitas dalam berwirausaha," tambahnya.

Agar materi yang disampaikan selama PkM terus berlanjut, Firdaus menyarankan pada pimpinan dan seluruh guru Ponpes MTI Batang Kabung untuk terus mengawasi proses pembelajaran siswa agar motivasi belajar siswa stabil, ketaatan akan hukum terlaksana dan termotivasi untuk berwirausaha.

Baca juga: Pemilu 2024, Perolehan Suara Firdaus Naik 361 Persen, Ini Partai Peraih Kursi Dapil Sumbar II

"Semoga PkM ini dapat dilaksanakan secara berkala dengan topik pembinaan lainnya agar kualitas kehidupan bermasyarakat lebih baik," tutup Firdaus. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: