Logo dan Maskot Porwil XI Riau Diluncurkan, Ini Makna yang Disiratkan

Senin, 31 Juli 2023, 11:00 WIB | Olahraga | Provinsi Riau
Logo dan Maskot Porwil XI Riau Diluncurkan, Ini Makna yang Disiratkan
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution didampingi Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Mayjen TNI Purn Suwarno dan jajaran, saat peluncuran logo dan maskot PORWIL Sumatera XI Riau 2023 di Pekanbaru, Ahad. (humas)

PEKANBARU (31/7/2023) - Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution luncurkan, logo dan maskot Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Riau Tahun 2023.

"Logo dan maskot Porwil XI ini mempunyai makna dan filosofi tentang Provinsi Riau sebagai Negeri Melayu," ungkap Edy Natar didampingi Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Mayjen TNI Purn Suwarno saat peluncuran logo dan maskot PORWIL Sumatera XI Riau 2023 di Pekanbaru, Ahad.

Pada logo tersebut terdapat siluet yang berbentuk sebuah kapal yang sedang berlayar, dengan badan kapal berwarna hijau.

Ini merepresentasikan pondasi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan merupakan agama. Pemilihan kapal ini merujuk pada branding dari Provinsi Riau sendiri yaitu Lancang Kuning.

Baca juga: Riau Siap jadi Tuan Rumah Porwil XI Sumatera, Ini Arahan Gubernur ke PB Porwil dan KONI

Kemudian, terdapat selembayung yang merepresentasikan budaya melayu dimana Provinsi Riau sebagai tuan rumah dan pucuk rebung yang merepresentasikan generasi muda yang terus tumbuh dan bermunculan.

Pengunaan font ringan, tegas lurus dan miring ke kanan dipilih untuk merepresentasikan anak muda yang penuh dengan dinamika.

Adapun pemilihan warna hijau, diartikan sebagai ketenangan yang tegas, warna kuning mengartikan keagungan, kejayaan serta kehormatan dan warna merah melambangkan keberanian dan daya juang.

Sementara, pemilihan ikan patin sebagai maskot PORWIL Sumatera XI, memiliki makna kebebasan, kemakmuran dan kelimpahan. Ikan patin sendiri juga merupakan hewan ikonik melayu.

Sedangkan warna emas melambangkan kebahagiaan.

Terlihat, ikan patin tersebut menggunakan tanjak bercorak rebung bersiku kaluang dan kain songket melayu, yang mana merepresentasikan rasa persatuan, sportifitas dan kejujuran. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: