Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah Diluncrkan, 114 Jenis Layanan Kesehatan Siap Layani Masyarakat

Sabtu, 29 Juli 2023, 11:00 WIB | Gaya Hidup | Kota Pekanbaru
Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah Diluncrkan, 114 Jenis Layanan Kesehatan Siap Layani...
Pj Wako Pekanbaru, Muflihun berdialog dengan warga yang tengah berobat di Rumah Sakit Daerah Madani, usai meluncurkan Progam Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) di Pekanbaru, Jumat. (humas)

PEKANBARU (28/7/2023) - Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menegaskan, warga Pekanbaru cukup menunjukkan KTP untuk bisa mengakses layanan kesehatan. Warga bisa berobat secara gratis di sejumlah fasilitas kesehatan, hanya dengan memperlihatkan KTP Kota Pekanbaru.

"Bapak Presiden mengarahkan para kepala daerah, untuk memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat. Kami berupaya untuk mencanangkan UHC (universal health coverage) ini di Pekanbaru," ujar Muflihun saat meluncurkan Progam Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) di Rumah Sakit Daerah Madani, Jumat.

Dalam peluncuran program kesehatan ini, turut dihadiri Kadiskes Riau, Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS, dr Mahlil Ruby, Sekretaris Daerah, Indra Pomi Nasution, para asisten dan Forkopimda serta undangan lainnya.

Ada 114 jenis layanan kesehatan yang dibantu pemerintah kota dalam program ini. Program ini sebagai upaya pemerintah kota untuk memenuhi pelayanan dasar bagi penduduk Pekanbaru.

Baca juga: Pekanbaru Alokasikan Rp92 Miliar untuk Program UHC, Dana Telah Dititip ke BPJS

Muflihun berpesan, pasca diluncurkan program jaminan kesehatan ini bisa berjalan maksimal memberi pelayanan kepada masyarakat. Beri kemudahan bagi warga Kota Pekanbaru untuk melaksanakan berobat secara gratis.

Dinas kesehatan diminta untuk membuat buku panduan atau pedoman terkait layanan jaminan kesehatan ini. Apa saja layanan kesehatan yang bisa diakses secara gratis, agar warga paham sejauh mana pembiayaan yang ditanggung pemerintah kota.

"Kita harapkan, UHC Pekanbaru ini bisa contoh bagi nasional, khususnya bagi daerah yang ada di Provinsi Riau," harap dia.

Ia juga mengapresiasi kepada tim yang terlibat langsung dalam pencanangan program jaminan kesehatan ini. Ia berterimakasih kepada pihak yang terlibat dalam program berobat gratis tersebut.

Baca juga: Bukittinggi Dinobatkan dengan UHC Terbaik se-Sumatera Barat

Muflihun menambahkan, selain program jaminan kesehatan ini ada sejumlah program prioritas yang sudah diluncurkan pemerintah kota.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: