Dear Milenial! Berikut 5 Ide Bisnis Pertanian, Produksinya Nyaris Tanpa Modal?

Jumat, 28 Juli 2023, 16:58 WIB | Bisnis | Nasional
Dear Milenial! Berikut 5 Ide Bisnis Pertanian, Produksinya Nyaris Tanpa Modal?
Ilustrasi ide usaha pertanian untuk milenial tahun 2023. (Pinterest/Canva)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Sebetulnya banyak sekali sumber daya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pupuk kompos. Misalnya limbah organik rumah tangga seperti sayuran dan kulit buah-buahan.

Ketika kamu olah limbah tersebut, maka bisa menjadi sumber penghasil cuan untukmu. Selain itu, adanya usaha ini, bisa mengurangi sampah limbah yang ada. Lingkungan bersih, kantong pun berisi! Sangat menarik bukan?

Dilansir dari channel Youtube Inspirasi Pagi, salah seorang pebisnis yang sukses menjalankan bisnis ini adalah Alex yang berasal dari daerah Riau. Ia berhasil meraup keuntungan sebanyak Rp20 juta per bulannya.

Dari harga beli Rp1.130 per kg kepada perusahaan pelanggan tetapnya, dijual kembali ke konsumen dengan angka Rp1.500-1.700 per kg.

Kemudian untuk pemasarannya sendiri banyak yang bisa kamu lakukan, salah satunya pada ranah digital. Kamu bisa mempromosikannya melalui media sosial dan juga marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lainnya

3. Jual Sayur Online

Okey berikutnya usaha jualan sayur secara online. Kamu sendiri tahu betapa besarnya potensi jualan online ini, apalagi sayur-sayuran merupakan bahan pokok utama yang dibutuhkan masyarakat. Terutama untuk memenuhi gizi sehari-hari.

Dengan memasarkan secara online, ini bisa memperluas lagi jangkauan pasar usahamu. Sehingga target pasar tidak hanya lokal saja, namun juga ke ranah nasional.

Bahkan sebetulnya, untuk usaha ini kamu bisa memulainya tanpa modal sedikit pun.

Jadi caranya, ketika sudah ada orderan di marketplace kamu. Baru kamu beli produknya sebanyak yang diorder, kamu juga bisa bekerjasama dengan petaninya.

Misalnya kamu jual cabai, dan terjual sebanyak 10kg. Nah misal jika harga cabai di petani sekilonya Rp15 ribu, kamu bisa minta harga Rp17 ribu sekilo dan meminta dibayar 3 hari atau 5 hari setelahnya.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: