Dear Milenial! Berikut 5 Ide Bisnis Pertanian, Produksinya Nyaris Tanpa Modal?

Jumat, 28 Juli 2023, 16:58 WIB | Bisnis | Nasional
Dear Milenial! Berikut 5 Ide Bisnis Pertanian, Produksinya Nyaris Tanpa Modal?
Ilustrasi ide usaha pertanian untuk milenial tahun 2023. (Pinterest/Canva)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

4 Peluang Bisnis Pertanian Milenial Nyaris Tanpa Modal

1. Jualan Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair adalah pupuk dalam wujud cairan yang merupakan saripati dari proses fermentasi bahan-bahan organik. Pupuk organik cair ini lebih populer, karena selain dalam pembuatannya yang tidak terlalu makan tempat, juga dalam pengaplikasiannya pun tidaklah sulit.

Kamu bisa memulainya dengan metode penyemprotan pada tanaman, bisa juga dengan metode penyiraman atau pengocoran. Keunggulan dari pupuk organik dibandingkan dengan pupuk sintetis sendiri yaitu, terbukti secara sistemik dapat menyuburkan tanah dan juga lahan pertanian.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat, Dijamin Anti Rugi!

Karena selain memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, pupuk organik juga punya kandungan mikroorganisme yang dapat membantu melarutkan bahan-bahan organik.

Sehingga bukan hanya tanaman saja, tapi lahan pertanian pun juga bisa sehat dan cocok untuk ditanami jenis tanaman apa pun.

Nah untuk membuatnya pun tidak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan air sumur, satu butir telur ayam atau bebek, satu sashet micin, satu sashet kecap baik asin maupun manis juga bisa. Palingan kamu cuma bakal mengeluarkan modal 5 ribuan saja.

Modal segitu kamu bisa menghasilkan 5 liter bakteri fotosintesis, kemudian, lihat saja harga 1 liter pupuk organik cair di marketplace. Bisa dibandrol dengan harga mulai Rp20-30 ribu.

Kamu bisa juga jual dengan harga Rp25 ribu saja x 5 liter = Rp125 ribu dari modal Rp5 ribuan tadi. Coba kamu bayangkan seharinya, bisa menjual paling sedikit 10 liter, maka kamu bisa dapatkan omzet Rp250 ribu. Sangat besar bukan?

2. Jualan Pupuk Kompos

Bisnis satu ini cukup menjanjikan juga bila dilakukan di daerah pedesaan, apalagi jika dijalankan dengan konsisten. Kenapa bisa begitu? Karena memang penghasilan yang didapatkan juga fantastis.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: