Anggota Komisi II DPRD Sumbar Fasilitasi Festival Olahan Daging Kambing di Tanah Datar

Sabtu, 24 Juni 2023, 19:25 WIB | Kuliner | Provinsi Sumatera Barat
Anggota Komisi II DPRD Sumbar Fasilitasi Festival Olahan Daging Kambing di Tanah Datar
Anggota Komisi II DPRD Sumbar yang juga Ketua HPDKI, Nurkhalis bersama Richi Aprian (Wabup Tanah Datar) menghadiri Festival Olahan Daging Kambing di Agro Boncah Farm, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu. (humas)

Berternak kambing dan domba, menurut Nurkhalis, bisa dijalankan diseluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Beternak kambing dan domba, urai dia, juga akan menguntungkan petani. Karena, hewan ini bisa melahirkan hingga tiga kali dalam kurun waktu dua tahun. Karena, masa buntingnya lima bulan. Berbeda dengan sapi yang biasanya melahirkan hanya satu kali dalam setahun.

"Peternakan kambing dan domba adalah jenis usaha peternakan yang dikembangkan oleh para nabi. Hal ini sejalan juga dengan filosofi masyarakat Minangkabau yaitu, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," ungkap dia berfilosofi.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Mengingat berbagai keuntungan yang akan didapat dari beternak kambing dan domba, Nurkhalis berharap, adanya peningkatan populasi ternak kambing dan domba di Sumbar melalui kegiatan beternak hewan ini oleh masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian yang menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengapresiasi digelarnya Festival Olahan Daging Kambing yang terselenggara dari pokok pikiran (Pokir) Nurkhalis Dt Bijo Dirajo.

"Terima kasih dan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Nurkhalis yang telah memilih Boncah Farm sebagai lokasi kegiatan," katanya.

Adapun terkait festival ini, ada lima kategori kuliner berbahan daging kambing yang bisa dipilih peserta untuk dimasak, yaitunya steak, gulai, tongseng, sate dan nugget.

Juri kemudian menilai hasil olahan peserta dengan malihat pada tiga hal yakni rasa, penampilan dan kebersihan. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: