Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakor Pemprov Sumbar, Ini yang Dibicarakan

Jumat, 09 Juni 2023, 07:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakor Pemprov Sumbar, Ini yang Dibicarakan
Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak disaksikan Audy Joinaldy (Wagub Sumbar) tandatangani kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam Rakor Pemprov Sumbar di Kota Sawalunto, Selasa. (humas)

SAWAHLUNTO (6/6/2023) -- Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak, hadiri rapat koordinasi (Rakor) Pemprov Sumbar dengan pemerintahan kabupaten/kota di Gedung IKM, Kandih Kota Sawahlunto, Selasa.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyampaikan, tidak hanya penyalahgunaan Narkoba, kasus HIV/AIDS di Sumatera Barat jumlahnya meningkat.

"Tahun 2022 lalu, kasus HIV mencapai 2.704 orang dengan angka tertinggi ada di Kota Padang," ungkap Audy saat memberikan arahan pada Rakor bertemakan Penanganan Narkoba dan HIV/AIDS secara komprehensive di Sumatera Barat itu.

Selain kepala daerah, Rakor ini juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial dan Perlindungan Anak, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

"Di dunia, penyakit menular belum dapat ditangani dengan baik. Sementara, penyakit tidak menular semakin hari semakin meningkat," ungkap Audy.

"Disamping itu, penyakit-penyakit tropis juga belum dapat dieliminasi sepenuhnya," tambah dia.

"HIV dan penyalahgunaan narkoba merupakan penyakit menular dan tidak menular dengan angka kasus yang terus meningkat," tukas Audy.

Dalam upaya mengakhiri epidemi HIV/AIDS, ungkap Audy, di tahun 2030 perlu perhatian bersama mengatasinya.

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

"Untuk itu, pemerintah kabupaten/kota mengadakan Rakor ini, untuk menghasilkan rumusan kebijakan yang kontruktif, solutif, serta langkah strategis kedepannya," harap Audy.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: