Supardi Fasilitasi Milenial Payakumbuh Ikuti Bimtek Medsos Berbasis Keterbukaan Informasi

Selasa, 06 Juni 2023, 19:33 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Supardi Fasilitasi Milenial Payakumbuh Ikuti Bimtek Medsos Berbasis Keterbukaan Informasi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi berikan arahan pada Bimtek Pegiat Media Sosial berbasiskan Keterbukaan Informasi Publik, di Agam Jua Payakumbuh, Selasa. (humas)

PAYAKUMBUH (6/6/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menegaskan, masifnya hoaks dan mal-informasi di tengah masyarakat, akan memunculkan kebencian terhadap pemerintah sekaligus apatis terhadap lingkungan, politik dan budaya.

"Harus ada upaya mengikis habis hoaks ini. Caranya, diwabahi virus anti hoaks ini pada Millenial Penggiat Media Sosial. Kalau pontensi milenial tidak dikemas, maka potensi ini akan mendatangkan kecemasan bagi kota yang kita cintai ini," ujar Supardi pada Bimtek Pegiat Media Sosial berbasiskan Keterbukaan Informasi Publik, di Agam Jua Payakumbuh, Selasa.

Menurut dia, hoaks adalah keniscayaan di tengah kemajuan teknologi informasi seiring mewabahnya pengguna media sosial.

Di antara cara hoaks diproduksi yakni video dipenggal, penggalan ini dishare ke ribuan akun media sosial. Kemudian, yang menyebarkan tidak paham namun perilaku mereka asal bagi (share) saja.

Baca juga: Open House Ketua DPRD Sumbar, Kuliner Khas Minang jadi Favorit

Sementara, Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Nofal Wiska menilai, millenial penggiat media sosial (Medsos) memiliki kontribusi postif dalam melawan hoaks.

"Payakumbuh itu adalah kata-kata. Geliat penggiat media sosialnya sangat beragam, tentu kita berharap penggiat media sosial menyampaikan informasi benar, akurat dan terpercaya. Millenial Pegiat Medsos Payakumbuh mesti jadi pioner menyikat hoaks," ujar Nofal Wiska.

Pemerhati Medsos sekaligus Staf Ahli Direksi Bank Nagari, Afnizon menyarankan, saring sebelum sharing untuk semua infomasi yang didapat, merupakan salah satu cara efektif meminimalisir perederan hoaks.

"Bank Nagari sangat memahfumi pentingnya para mellienial. Prinsip bank adalah trust. Kalau berita disampaikan pegiat sosial tidak benar dan tidak ter-confirm, viral yang rugi tidak saja Bank Nagari selaku lembaga keuangan, tapi ekonomi Sumbar juga akan terganggu," ujar Afrijon.

Baca juga: 'Virus FOMO' mulai Menjangkiti, Supardi: Payakumbuh Mesti Segera Temukan Jati Diri dan Berkolaborasi

Pegiat Medos Payakumbuh Terbesar di Sumbar

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: