Wakil Ketua DPRD Sumbar Lepas Kloter II JCH Embarkasi Padang

Selasa, 06 Juni 2023, 09:39 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Wakil Ketua DPRD Sumbar Lepas Kloter II JCH Embarkasi Padang
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib saat melepas pemberangkatan jamaah haji Kloter kedua, di Asrama Haji Parupuk Tabing, Padang, Senin, pukul 22.00 WIB. (humas)

PADANG (5/6/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib menegaskan, predikat haji mabrur tidak bisa diklaim ataupun diberikan oleh manusia, karena memang hak prerogatif Allah SWT untuk disematkan pada hamba yang dikehendaki-Nya.

"Sudah jadi kewajiban umat muslim untuk menjalani seluruh ibadah haji semata-mata karena mengharapkan ridho Allah SWT," pesan Suwirpen saat melepas pemberangkatan jamaah haji Kloter kedua, di Asrama Haji Parupuk Tabing, Padang, Senin, pukul 22.00 WIB.

Dikesempatan tersebut, Suwirpen mengatakan, menunaikan ibadah haji ke Baitullah merupakan salah satu dari rukun Islam kelima bagi yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya.

"Menunaikan ibadah haji ke baitullah bagi yang mampu, maka hari ini saya bersama untuk muslim yang memiliki kemampuan sesuai dengan rukun Islam, melaksanakan ibadah haji," tutur Suwirpen pada pelepasan jamaah calon haji (JCH) di aula asrama haji.

Baca juga: Keberangkatan JCH di 6 Bandara Embarkasi Haji PT AP II Berjalan Sukses

Ditambahkan Suwirpen, ibadah haji merupakan ibadah cukup berat, di samping membutuhkan biaya besar juga kondisi fisik harus sehat dan kuat, karena dalam tataran pelaksanaannya diperlukan fisik yang kuat dan sehat.

"Kami yakin bahwa Bapak dan ibu dalam melakukan ibadah haji ini tidak didorong oleh hal-hal yang lain melainkan hanya karena Allah Subhanahu wata'ala."

"Bukan karena ingin dipuji orang lain atau untuk mencari harta kekayaan di Makkah sana, tapi memang melakukan ibadah haji karena didorong oleh iman dan rasa takwa yang sudah terhujam dalam lubuk hati," tambah Suwirpen.

Dia juga mengatakan, para jama'ah adalah orang yang terpilih dan telah mendapatkan panggilan dari Allah Subhanawataala untuk menjadi tamunya di Baitullah Mekah.

Baca juga: Irsyad Syafar Lepas Kloter XVII JCH Embarkasi Padang, Gabungan 13 Kabupaten Kota dan Bengkulu

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada jama'ah haji agar selalu menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani serta rohani, karena kondisi cuaca di tanah suci sangat panas, tentu berbeda jauh dengan kondisi di Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: